hut

Edukasi Hewan Peliharaan, Hindari Penyakit Menular

Editor: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Kesehatan hewan peliharaan harus terus dijaga untuk menghindari penyakit-penyakit menular yang tidak hanya berbahaya bagi hewan, tetapi juga berbahaya bagi manusia.

Hal inilah yang saat ini menjadi fokus Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Malang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait permasalahan tersebut.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Malang, drh. Hilda, saat ini pihaknya tengah fokus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya penyakit hewan khususnya yang menular. Salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan bertajuk ‘World Veterinary Day 2019’.

Menurutnya, ada penyakit yang tidak menular, tapi ada juga penyakit yang menular bahkan menular ke manusia, contohnya rabies. ”

Penyakit rabies ini bisa menular dari hewan ke manusia. Tapi untuk wilayah Jawa Timur, kita sudah bebas dari rabies,” ujarnya, saat ditemui di Puskeswan kota Malang, Minggu (28/4/2019).

Selain memberikan edukasi terkait berbagai jenis penyakit yang kerap menyerang hewan kesayangan, masyarakat juga perlu diberikan edukasi tentang kepemilikan hewan yang bertanggung jawab.

Seperti membawa hewan peliharaan berkunjung ke dokter hewan minimal satu tahun sekali dalam rangka pemeriksaan kesehatan maupun pemberian atau pengulangan vaksinasi.

Tidak hanya sampai di situ, pemilik hewan peliharaan juga harus bisa memenuhi kesejahteraan hewannya termasuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan makanan atau nutrisi yang baik bagi hewan peliharaannya. Kemudian bagaimana cara membawa hewan ke tempat umum.

“Misalnya jika hewan peliharaannya buang kotoran, pemilik harus menyediakan plastik untuk membersihkan kotorannya agar tidak mencemari lingkungan,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Hilda, semenjak hadirnya Puskeswan, kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga dan bertanggung jawab terhadap hewan peliharaannya semakin meningkat.

Terbukti, semakin banyak pecinta hewan yang datang ke Puskeswan untuk memeriksakan hewan kesayangannya.

Penimbangan berat badan hewan kesayangan – Foto: Agus Nurchaliq

“Alhamdulillah setelah kita memperkenalkan adanya Puskeswan pada tahun 2018 di kota Malang, sejak itu masyarakat sangat luar biasa responnya untuk membawa hewan peliharaannya ke Puskeswan,” sebutnya.

Pelayanan Puskeswan dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00-13.00 WIB.

Sementara itu, dalam acara World Veterinary Day tersebut diberikan pelayanan kesehatan hewan secara gratis dan pemberian obat cacing gratis.

“Kami juga memberikan door prize berupa vaksin hewan,” pungkasnya.

Lihat juga...