hut

Erna, Dokter Kecantikan yang Sukses Bisnis Baju Muslim

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Profesi sebagai dokter kecantikan pada salah satu klinik kecantikan ternama di Kota Purwokerto, ternyata tidak membuat dokter Erna puas dan berdiam diri.

Dilatarbelakangi kesulitannya untuk mendapatkan baju muslim yang sesuai dengan seleranya, dokter muda ini kini sukses merintis bisnis butik baju muslim dengan omzet yang menggiurkan.

“Awalnya saya mendesain sendiri baju-baju muslim dan saya pakai sendiri, kemudian banyak teman yang suka. Akhirnya hal tersebut memotivasi saya untuk membuka butik, karena di Kota Purwokerto ini, masih agak sulit mendapatkan baju muslim yang sesuai dengan selera saya. Tidak hanya dalam model, tetapi juga kenyamanan saat dipakai,” tutur Dokter Erna, Selasa (9/4/2019).

Dokter Erna, dokter kecantikan yang beralih profesi sebagai pengusaha. – Foto: Hermiana E. Effendi

Butik Reena yang berlokasi di pusat Kota Purwokerto, Jalan Gatot Subroto ini, menyediakan berbagai pilihan baju muslim serta perlengkapan muslimah lainnya. Desain baju dijamin berbeda, begitupun dengan bahan yang digunakan. Sebab, seluruh baju muslim didesain dan dikerjakan sendiri oleh Erna dengan dibantu beberapa pekerja.

Ia mengatakan, koleksi di Butik Reena juga sangat nyaman dipakai. Karena pihaknya sangat memperhatikan kualitas bahan yang dipilih. “Kami selalu menjaga kualitas bahan, supaya muslimah yang memakai nyaman dan semakin cantik. Namun, tetap sesuai ketentuan agama atau tetap syar’i,” tuturnya.

Terkait keseriusannya menekuni bisnis baju muslim ini, Erna mengatakan, pada awalnya, ia masih bertahan dengan pekerjaannya sebagai dokter kecantikan. Namun, seiring perkembangan bisnisnya, ia akhirnya meninggalkan profesinya dan fokus menekuni bisnis. Dengan menggandeng keponakannya, Reni, ia memperluas usaha baju muslimnya.

Kedua mitra bisnis ini sangat kompak menjalankan usaha, Dokter Erna bertugas mendesain dan permodalan, sedangkan Reni bertugas pada produksi. Nama butik juga diambil dari perpaduan nama mereka, Reni dan Erna, menjadi Reena.

Kekompakan keduanya ternyata membuahkan hasil yang manis. Memasuki tahun ke dua usahanya, omzet butik sudah mencapai Rp 30 juta per bulan. Penjualan dilakukan juga melalui media online dan pesanan online mengalir lancar. Hal ini membuktikan, koleksi baju-baju muslim Butik Reena sangat diminati konsumen.

“Keunggulan lainnya, selain dari sisi model dan bahan, kita juga tidak memproduksi baju dengan model sama dalam jumlah banyak. Dan hal tersebut ternyata sangat disukai konsumen,” kata Erna.

Butik Reena juga menerima pesanan dan desain dari pelanggan, atau lebih dikenal dengan custom pelanggan. Sehingga pelanggan bisa memilih bahan dan model dari baju muslimah yang diinginkan. Dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp250.000 – Rp500.000 per baju.

“Bagi kami, pelanggan adalah raja, sehingga semua kebutuhan dan keinginan pelanggan sebisa mungkin kita penuhi, kita juga mengadakan bulan diskon, bahkan diskon kita tidak tanggung-tanggung antara 20 – 50 persen,” pungkasnya.

Lihat juga...