GORO Cibubur Beri Pekerjaan Penyandang Disabilitas

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Penyandang disabilitas bukanlah golongan masyarakat kelas dua.  Mereka juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam roda ekonomi Indonesia. 

Hal inilah yang diyakini oleh Direktur Utama PT. Berkarya Makmur Sejahtera, Milasari Kusumo Anggraini, yang diwujudkan dalam kebijakan perusahaannya. Yaitu, memberikan kesempatan yang sama dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, melalui pemberdayaan dan pembinaan yang diadakan oleh Goro.

“Pembinaan sudah berlangsung di  Wonosobo. Jadi, Goro akan menyeleksi para difabel sesuai dengan kompetensinya,” kata Milasari, saat Grand Opening Goro Cibubur, Minggu (7/4/2019).

Direktur Utama PT. Berkarya Makmur Sejahtera, Milasari Kusumo Anggraini –Foto: Ranny Supusepa

Milasari menyatakan, bahwa kaum difabel yang saat ini dibina di Goro Cibubur ditujukan untuk posisi kasir dan stocking.

“Sebagai contoh, salah seorang difabel yang terpapar polio ini, merupakan lulusan SMA. Jadi, mereka memang mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Mereka bisa memasukkan data,” ujar Milasari, seraya menunjukkan beberapa orang difabel yang akan bergabung dengan Goro Cibubur.

Tercatat sudah 100 komunitas difabel di area Jawa yang terhubung dengan program Goro terkait kaum difabel.

“Kita melakukan pembinaan berkelanjutan, terkait program ini. Walaupun belum ada kuota yang bisa diperkirakan, tapi Goro ini banyak yang mau dibuka. Bukan hanya gerai Goro saja, tapi juga untuk toko Goro di wilayah Kabupaten,” urai Milasari.

Untuk difabel bawaan lahir, seperti autis, Milasari menyebutkan tidak tertutup kemungkinan untuk bisa bergabung dalam program ini.

“Kita ini bertahap. Jadi, tidak tertutup kemungkinan. Jika memang belum tergarap, kenapa tidak? Dan, tentunya mereka harus mengikuti pembinaan dan kualifikasi untuk posisi yang sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki,” ucapnya.

Langkah pioneer pemberdayaan difabel oleh Goro ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi para pengusaha grosir lainnya.

“Saya yakin, dengan Goro melakukan ini, maka akan diikuti oleh perusahaan lainnya. Mereka akan memberikan kesempatan yang sama seperti yang kami berikan,” pungkas Milasari.

Lihat juga...