Gubernur Pastikan Warga Jakarta Siap Ikuti Pemilu

Editor: Koko Triarko

276

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, memastikan seluruh warga di wilayah Ibu Kota Jakarta, termasuk di Pulau Sabira, akan melaksanakan hak pilihnya dengan baik dalam Pemilu pada 17 April 2019, besok. 

“Hari ini adalah hari terakhir, besok ada Pilpres-Pileg. Saya datang dengan Ketua KPU (Provinsi DKI Jakarta), untuk melihat kesiapan di sini, dan kami membantu fasilitasi. Kami tidak terlibat dalam penyelenggaraan, tetapi apa yang menjadi kebutuhan KPUD, kami akan bantu,” ucap Anies, usai melakukan kunjungan ke warga Pulau Sebira, Kepuluan Seribu, Selasa (16/4/2019).

Menurut Anies, pada kunjungannya ke Pulau Sebira bersama Ketua KPUD, untuk mengecek kesiapan pemilu. Dia ingin memastikan langsung, kalau pulau terluar yang ada di Ibu Kota itu bisa menggunakan hak konstitusinya.

Dia menjelaskan, Pemprov DKI tak terlibat langsung dalam penyelenggaraan pemilu, tetapi menyiapkan fasilitas seperti tempat, akomodasi, distribusi logistik, dan lain-lain.

“Siap, tapi kita sifatnya suportif, pinjam tempat, lokasi, kan banyak tuh yang kita siapkan,” kata Anies.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, menjelaskan bahwa seluruh kebutuhan kelengkapan TPS di Pulau Sabira telah disiapkan dengan baik.

“Alat kelengkapan TPS jam dua siang ini sampai. Kotak, bilik dan surat suara nanti disimpan di tempat yang aman oleh penduduk di sini, untuk kemudian besok pagi dimasukkan ke TPS-TPS,” kata Betty di lokasi yang sama.

Fasilitas yang dipinjamkan semuanya aset daerah, satu Rumah Panggung (Bale Warga) dan PAUD. “Alhamdulillah, besok warga Pulau Sabira, pulau terjauh dari Jakarta, mungkin ini lokasi terjauh TPS yang ada di Jakarta, dengan dua TPS, 416 pemilih, semuanya dapat terfasilitasi untuk penggunaan hak pilihnya,” kata dia.

Kata Betty, saat pengecekan, kebutuhan logistik di Pulau Sabira sudah dipenuhi dan sedang dalam perjalanan. “Sudah kami lipat dan sebar langsung di Pulau Sabira,” ujarnya.

Betty menyebut, di Pulau Sabira terdapat 416 pemilih yang semuanya sudah terfasilitasi untuk dapat mencoblos esok hari.

Lihat juga...