hut

Hanya dengan 10 Pemain, Ajax Tundukkan PSV 3-1

JAKARTA — Ajax berhasil membungkam juara bertahan Liga Belanda PSV Eindhoven dengan kemenangan 3-1 dalam laga pekan ke-27, meski mereka harus menyelesaikan pertandingan hanya dengan 10 pemain di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu.

Kemenangan itu sekaligus membuat Ajax yang saat ini berada di urutan kedua berhasil mengumpulkan 65 poin sekaligus memangkas jarak menjadi tersisa dua poin dari PSV (67) yang masih berada di puncak, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Ajax membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Daniel Schwaab pada menit ke-21, skor 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Namun, Ajax kehilangan satu pemain setelah wasit Bjorn Kuipers memutuskan menaikkan vonisnya atas pelanggaran yang dilakukan oleh Noussair Mazraoui setelah melihat tayangan ulang VAR, dari kartu kuning menjadi kartu merah pada menit ke-57.

Hasil kartu merah itu segera berbuah ketika umpan silang Angelino berhasil dimanfaatkan Luuk de Jong untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-58.

Meski timpang jumlah pemain, daya serang Ajax seolah tak mengendur dan David Neres berhasil memaksa Schwaab melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Dusan Tadic yang menjadi algojo dengan dingin melepaskan tendangan kaki krii ke sudut kanan bawah gawang demi membawa Ajax kembali memimpin pada menit ke-72.

Ajax bahkan berhasil memperbesar marjin kemenangan mereka menjadi 3-1 ketika David Neres mencetak gol pamungkas pada masa injury time. (Ant)

Lihat juga...