hut

Harga Bawang Merah dan Ayam Potong di Sumbar, Naik

Editor: Koko Triarko

PADANG – Menjelang Ramadan 1440 Hijiriyah, harga sejumlah komoditas di Kota Padang, Sumatra Barat, masih terbilang stabil. Namun dua komoditas, yakni bawang merah dan daging ayam potong, mengalami kenaikan.

Kenaikan harga dua komoditas tersebut, terpantau saat Kementerian Perdagangan RI bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Barat dan Perum Bulog Divre II Sumatera Barat, melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Raya Padang, Kamis (11/4) siang.

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan RI, Dody Edward, mengatakan, harga komoditas di Padang terbilang stabil dan stok pun terbilang aman. Meski ada kenaikan harga bawang merah dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp36 ribu per kilogram, begitu juga harga ayam potong yang semula Rp18 ribu per kilogram, naik menjadi Rp26 ribu.

“Secara keseluruhan, harga-harga komoditas di pasar ini stabil, dan memang ada harga bawang merah dan ayam potong naik, tapi hal itu masih masuk sebagai kategori stabil. Seperti cabai merah, daging sapi, minyak goreng, beras, dan yang lainnya, sejauh ini harga-harganya masih bertahan,” katanya, di Padang, Kamis (11/4/2019).

Ia menyebutkan, Kemendag secara berkelanjutan melakukan pemantuan harga komoditas di Indonesia, yang salah satunya di Padang. Biasanya, Padang menjadi salah satu daerah yang sering mengalami kenaikan harga komoditas jelang Ramadan dan Idul Fitri, atau pada momen-momen hari besar lainnya.

Dody Edward berharap, kondisi harga komoditas yang terpantau hari ini, tetap berada di angka yang stabil, sehingga tidak menyebabkan kesenjangan kondisi ekonomi masyarakat pada momen jelang dan saat Ramadan dan Idul Fitri. Sehingga, suasana Ramadan di Padang bisa berjalan dengan baik.

“Pemantuan harga komoditas ini tidak hanya kita lakukan di Padang, tapi besok kita akan menuju Kota Bukittinggi juga. Karena di Sumatra Barat, dua kota ini memililki pengaruh dalam menyumbang inflasi di Sumatra Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatra Barat, Asben Hendri, mengatakan, selama tiga tahun terakhir, kondisi harga komoditas terbilang terkendali.

Seperti halnya harga cabai merah, bawang merah, minyak goreng, tepung, dan telur ayam, merupakan komoditas yang sering mengalami kenaikan pada momen-momen Ramadan. Tapi, tiga tahun terakhir, kondisi itu tidak terjadi.

“Di Sumatra Barat, untuk harga komoditas sebenarnya terbilang terkendali, karena melihat tiga tahun terakhir, masyarakat benar-benar merasakan kondisi harga yang stabil. Sebut saja daging sapi, yang menjadi bahan utama untuk memasak rendang. Dulu, pada momen Ramadan bisa naik Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram, dari Rp100 per kilogram, itu pada 2015. Nah, sekarang sejak tiga tahun terakhir bertahan di harga Rp120 ribu per kilogram,” jelasnya.

Asben menyebutkan, harga komoditas yangn stabil juga terjadi di pasar ritail modern, seperti gula pasir, beras, dan beberapa komoditas lainnya.

Terkait adanya kemungkinan kenaikan harga komoditas, Kepala Bulog Divre II Sumatra Barat, Muhammad Anwar, menegaskan pihaknya akan selalu siap melakukan operasi pasar (OP). Menurutnya, OP merupakan keigatan rutin Bulog dalam setiap momen jelang dan saat Ramadan, agar harga-harga komoditas terkendali.

“OP tetap kita laksanakan, mungkin dalam waktu dekat mengingat Ramadan sebentar lagi. Terutama untuk harga bawang merah dan ayam potong yang mengalami kenaikan, kita di Bulog akan berupaya menjual harga lebih murah dari pasar. Jadi, masyarakat nantinya bisa membeli bawang merah dan ayam potong ke Bulog dengan harga yang lebih murah, jika harga di pasar, naik,” ucapnya.

Anwar menyebutkan, terkait stok beras dan gula yang ada di gudang Bulog, juga terbilang cukup besar dan mampu memenuhi kebutuhan hingga usai Lebaran mendatang.

Ia menegaskan, Bulog akan siap menggelar OP, supaya masyarakat bisa mendapatkan harga komoditas yang lebih murah dengan kualitas yang sama, bahkan lebih baik dari pasar.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!