Harga Ikan di Deliserdang Jelang Ramadan, Stabil

Ilustrasi -Dok: CDN

DELISERDANG – Harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara, sepekan menjelang Ramadan 1440 Hijriah, relatif stabil, menyusul lancarnya pasokan ikan.

Burhan, salah seorang pedagang ikan di Pasar Tradisional Gambir, Deliserdang, mengatakan, harga ikan, khususnya ikan laut relatif stabil dan kalau pun ada kenaikan hanya berkisar Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogram.

Misalnya, harga ikan tongkol Rp35.000 per kg, Dencis Rp27.000 per kg, gembung Rp30.000 per kg, cumi cumi Rp70.000 per kg, udang Rp70.000 per kg, nila Rp30.000 per kg.

“Rata-rata memang masih harga lama, karena memang pasokan ikan dari Belawan dan daerah lainnya masih lancar. Entah, kalau nanti semakin dekat Ramadan, apakah pasokan lancar atau tidak,” katanya, Senin (29/4/2019).

Ia mengatakan, berkaca dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya, kalau menjelang Ramadan bisanya harga ikan tidak terpengaruh, karena orang lebih banyak memilih ayam atau daging sapi untuk menu hari-hari pertama pada bulan puasa.

“Kalau ayam dan daging biasanya naik harganya. Tapi kalau ikan, biasanya tetap saja stabil kalau mau dekat puasa ini. Tapi itu pun tergantung dari cuaca, kalau cuaca buruk biasanya nelayan tidak melaut dan tentunya berdampak pada berkurangnya pasokan ikan di pasar yang berpengaruh pada harga,” katanya.

Pengamat sosial Sumatra Utara, Yose Rizal, menyebutkan sudah menjadi kewajaran biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan harga-harga kebutuhan cenderung mengalami kenaikan, karena tingginya permintaan.

“Untuk itu, tentunya peran pemerintah sangat dibutuhkan dengan melakukan kontrol langsung ke lapangan, agar jangan sampai ada pedagang, terutama distributor, memainkan harga karena permintaan yang tinggi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...