hut

Hari Terakhir UNBK di Balikpapan Berjalan Lancar

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP dan MTs di Balikpapan hingga hari terakhir berjalan lancar. Siswa dapat mengikuti proses ujian dengan baik.

Di MTs Negeri 1 Balikpapan misalnya, pelaksanaan UNBK berjalan tanpa kendala. Dipastikan, tidak ada siswa yang perlu mengikuti ujian susulan. Di MTs Negeri 1 Balikpapan, peserta UNBK ada 342 siswa.

“Karena adanya pembatasan rombel yang sudah dilakukan mulai tahun lalu, maka jumlahnya lebih sedikit. Satu rombel dibatasi 32 siswa, sehingga kemungkinan pada tahun mendatang jumlah siswa yang ikut UNBK akan lebih sedikit lagi, karena cuma ada 8 kelas jadi jumlahnya kira-kira 286 anak,” ucap Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan, Abdul Gapur, Kamis (25/4/2019).

Selama pelaksanaan UNBK, komputer yang digunakan tidak mengalami masalah dan kendala. Semakin sedikit siswa yang mengikuti UNBK, maka kebutuhan komputer akan semakin berkurang. “Dengan begitu malah tidak jadi masalah dan tidak perlu meminjam terlalu banyak siswa maupun orang tua,” katanya.

Adapun jumlah laptop yang dimiliki MTsN 1 Balikpapan sebanyak 90 unit. Jumlah tersebut termasuk cukup, jika digunakan untuk tiga sesi UNBK. Sarana laptop tersebut, hasil dari pengadaan secara bertahap yang dilakukan tiga tahun belakangan.

Sementara untuk komputer hanya ada 20 unit. Jelang UNBK tahun ini, pengadaan komputer mencapai 20 unit, sama seperti tahun sebelumnya. “Anggaran untuk pengadaan laptop berasal dari BOS Daerah. Karena kalau dari BOS Pusat tidak memungkinkan. Ada beberapa kebutuhan lain yang harus dipenuhi, kalau mau mengambil anggaran dari situ untuk pengadaan laptop hanya mencukupi untuk 1 sampai 3 unit,” imbuhnya.

Lihat juga...