hut

Helikopter untuk Distribusi Logistik Pemilu ke Perbatasan

Ilustrasi - Dok CDN

LONG BAGUN – KPU Kabupaten Mahakam Ulu mempercayai Kodam VI/Mulawarman untuk membantu teknis distribusi logistik Pemilu 2019 ke perbatasan negara.

Distribusi untuk dua kecamatan, yaitu Long Apari dan Long Pahangai, dilakukan dengan menggunakan helikopter. “Kami justru senang, jika distribusi logistik pemilu bisa dikirim menggunakan helikopter milik TNI AD. Soal teknis pengirimannya, tentu saya percayakan pada TNI, yang penting paket logistiknya aman sampai lokasi,” ujar Ketua KPU Mahakam Ulu, Frederik Melawen, di Long Bagun, Rabu (3/4/2019).

Pengiriman logistik Pemilu 2019 menggunakan jalur udara, untuk menghindari kerawanan. Selama ini, distribusi dilakukan melalui sungai, yang memiliki jalur rawan kecelakaan akibat arus jeram yang liar. Di Kabupaten Mahakam Ulu terdapat lima kecamatan.

Hampir semua perkampungan yang tersebar di lima kecamatan tersebut pemukimannya berada di bantaran Sungai Mahakam. Hanya ada lima kampung yang pemukimannya berada di bantaran anak Mahakam, yakni Kampung Nyaribungan, Long Gelawang, Tri Pariq Makmur, Wanapariq, dan Kampung Matalibaq.

Dari lima kecamatan itu, ada tiga kecamatan yang lokasinya di hilir riam, yakni Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Kecamatan Long Hubung. Pengiriman logistik ke tiga kecamatan ini bisa menggunakan jalur sungai, karena tidak ada jalur yang berbahaya.

Pengalaman pelaksanaan Pilkada Mahakam Ulu 2015 lalu, speedboat berisi logistik Pemilu tenggelam. Beruntung, penumpang dan komisioner KPU setempat berhasil selamat. Pengalaman pahit yang terjadi tersebut harus diperhitungkan untuk angkutan logistik Pemilu 2019.

Baru-baru ini, ada satu speedboat menabrak batu di Riam Asiu, jajaran Riam Udang, riam pertama di Sungai Mahakam. Kejadian tersebut, menelan empat korban meninggal. “Demi keamanan, tentu bagus jika logistik Pemilu untuk dua kecamatan tersebut diangkut menggunakan jalur udara. Dalam hal ini, KPU Kaltim bekerjasama dengan Pangdam VI/Mulawarman. Mungkin kita perlu bertatap muka dengan Pangdam, untuk membahas teknis pengangkutan,” tandas Frederik.

Menurutnya, untuk pendaratan helikopter ada dua titik, yakni untuk logistik di Kecamatan Long Pahangai adalah di Bandara Datah Dawai, di Kampung Long Lunuk. Sementara logistik untuk Kecamatan Long Apari, bisa didaratkan di lapangan bola SD di Kampung Tiong Ohang. Di Kecamatan Long Apari terdapat 16 TPS, dengan jumlah pemilih 3.337 orang. Pemilih tersebut, tersebar di 10 kampung. Sementara di Kecamatan Long Pahangai, terdapat 21 TPS dengan jumlah pemilih 3.947 orang, yang tersebar di 13 kampung. (Ant)

Lihat juga...