hut

Jadwal PSU Lima TPS di Malut Belum Ditetapkan

Ilustrasi TPS - DOK CDN

TERNATE – Komisi Pemilihan Umum Maluku Utara belum menetapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS).

PSU tersebut,  sesuai rekomendasi dari Bawaslu setempat. Ketua KPU Maluku Utara (Malut) Syahrani Somadayo, mengatakan, rekomendasi Bawaslu mengenai PSU di lima TPS, akan dilaksanakan. Namun, untuk melakukannya harus diikuti pengecekan terlebih dahulu ketersediaan surat suara.

Lima TPS yang direkomendasi menggelar PSU adalah tiga TPS di Kabupaten Halmahera Tengah, satu TPS di Kabupaten Halmahera Utara, dan satu TPS di Kabupaten Pulau Morotai. Di kelima TPS tersebut, terjadi pelanggaran peraturan saat pemungutan suara pada 17 April 2019. Diharapkan, masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lima TPS tersebut, kembali menyalurkan hak pilih sesuai hati nurani masing-masing.

Ketua KPU Maluku Utara Syahrani Somadayo (Foto Ant)

KPU Malut sejak awal telah berupaya mencegah adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat pemungutan suara. Tetapi, karena faktor keterbatasan kualitas sumber daya manusia, pelanggaran masih tetap terjadi.

Menyinggung pelaksanaan input form C-1 hasil pileg dan pilpres dari masing-masing TPS ke aplikasi KPU RI, Syahrani Somadayo mengatakan, baru seira tiga persen dari seluruh jumlah TPS di Malut. Form C-1 itu umumnya telah di-scan, tetapi ketika diinput dalam aplikasi KPU RI, terkendala sulitnya jaringan untuk masuk dalam aplikasi. Hal itu diperkirakan karena banyaknya yang meng-input data di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pileg dan pilpres pada 17 April 2019 di 10 kabupaten dan kota, secara umum berlangsung aman dan lancar. Demikian pula partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilih cukup tinggi. Namun tidak dipungkiri, ada sejumlah kendala yang dihadapi. Sseperti keterbatasan surat suara dan sejumlah formulir. Namun, semua dapat diatasi dengan baik setelah KPU berkoordinasi dengan Bawaslu setempat. (Ant)

Lihat juga...