hut

Jakarta Terendam Banjir, Anies: Petugas Bekerja ‘Nonstop’ dari Malam

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA —– Sejumlah kawasan di Jakarta terendam banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pihaknya sudah mengantisipasinya sejak malam.

“Tempat-tempat di tepi sungai yang berpotensi terkena limpahan banjir kiriman ini sudah diantisipasi sejak malam,” ucap Anies di Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Dia menyampaikan di Bendungan Katulampa, Bogor sudah masuk fase siaga 1, Kamis malam 25 April 2019. Sementara itu, seluruh petugas gabungan dari Pemprov DKI sudah bekerja di pintu air Manggarai guna mengantisipasi datangnya banjir kiriman.

“Tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB di Katulampa sudah siaga 1. Seluruh petugas kita sejak malam sudah bekerja di lapangan (Manggarai) untuk mengantisipasi datangnya air kiriman dari hulu,” tuturnya.

Bahkan, menurut dia, sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai saat ini masih dibersihkan oleh para petugas dari Lingkungan Hidup secara nonstop.

“Petugas lingkungan hidup bertugas all out membersihkan sampah di Manggarai. Jakarta menampung sampah luar biasa banyaknya. Itu bukan sampah warga kita, tapi masuk dari aliran sungai Ciliwung,” ungkap Anies.

Dia mengaku, seluruh petugas sudah bekerja di lapangan untuk mengantisipasi datangnya air maupun sampah kiriman dari Bendungan Katulampa.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 17 titik lokasi banjir setelah Bendung Katulampa Bogor berstatus siaga I dengan ketinggian 220 cm dan Pintu Air Depok berstatus siaga I atau tinggi muka air 360 cm.

Lihat juga...