Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Capai 86,7 Persen

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Pembangunan jalan tol Balikpapan–Samarinda, yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), saat ini telah memasuki progres 86,7 persen.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi – Foto Ferry Cahyanti

Sisa pekerjaan fisik (konstruksi) hanya 13,3 persen. Proyek senilai Rp11 triliun tersebut, ditargetkan selesai di akhir 2019 nanti. “Sepanjang jalan tentu kita hargai progress positifnya. Tetapi ada hal yang harus diselesaikan dalam tahun maka harus segera dituntaskan,” tutur Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, mengapresiasi kinerja Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII kementerian PUPR dan PT Wijaya Karya, serta jasa marga yang membangunan jalan tol pertama di Kalimantan tersebut, Jumat (26/4/2019).

Penuntasan pembangunan jalan tol sangat menentukan keberhasilan pembangunan infrasruktur di daerah, yang memanfaatkan APBD dan APBN maupun dana swasta. Semua pembangunan tidak ada yang instan, utamanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara bertahap karena terkendala anggaran dan juga masalah lahan.

“Apabila jalan tol ini sudah rampung dan beroperasi difungsikan. Maka, ekonomi kita tumbuh signifikan. Begitu pula sektor jasa, industri dan distribusi barang akan terpacu dengan sendirinya,” terang Hadi Mulyadi, Jumat (26/4/2019).

Hadi memastikan, proses pembebasan lahan tuntas di tahun ini, meski ada penambahan luasan. Hal itu dilakukan dengan percepatan pembangunan konstruksi hingga akhir 2019. Jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) memiliki panjang 99,04 kilometer (km). Kepala BPJN XII Kementerian PUPR, Refly Ruddy Tangkere, menyebut, di Simpang Susun KM. 13 atau Simpang Susun Karang Joang, akan dibangun gerbang tol enam pintu untuk keluar masuk kearah Bandara Sepinggan maupun Samarinda.

Pembangunan jalan tol Balsam ini terbagi lima seksi, yaitu Seksi I/KM.13 (Balikpapan-Samboja) sepanjang 22,03 km. Seksi II (Muara Jawa-Samboja) sepanjang 30,98 km, Seksi III (Palaran-Muara Jawa) sepanjang 17,50 km. Kemudian seksi IV (Jembatan Mahkota II-Simpang Pasir Palaran) sepanjang 17,95 km dan Seksi V (Balikpapan-Bandara Sepinggan) sepanjang 11,09 km.

Lihat juga...