Jelang Pemilu, Usaha Kuliner dan Pertokoan di Jalinpantim Pilih Tutup

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Sejumlah pemilik usaha kuliner di Jalan Lintas Timur (Jalinpantim) Lampung memilih menutup usaha jelang pemilihan umum (Pemilu). Hal tersebut salah satu bentuk menyukseskan pemilihan umum yang akan berlangsung pada Rabu (17/4/2019).

Sumaini (50) satu pemilik usaha di Jalinpantim yang masih buka menyebutkan, pedagang kuliner seperti dirinya tetap berjualan dan akan menggunakan hak pilih di TPS terdekat tempat terdaftar. Ia hanya memilih menutup sementara saat akan mencoblos, sementara untuk paginya tetap buka.

“Sedangkan pedagang yang berasal dari kecamatan lain memilih sementara pulang untuk melakukan pemungutan suara di tempat asal masing masing. Saya warga asli Bakauheni jadi tetap bisa berjualan,” terang Sumaini saat ditemui Cendana News, Selasa (16/4/2019).

Rasitin, penjual nasi di Dusun Keramat,Desa Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan. Foto: Henk Widi

Berbeda dengan Sumaini yang berniat menutup warung sementara waktu pedagang kuliner lain justru berniat buka sehari penuh saat Pemilu. Rohim, salah satu pemilik usaha kuliner berkonsep serba sepuluh ribu (Serbu) menyebut mendapat pesanan nasi bungkus dari sejumlah TPS di wilayah Bakauheni.

“Saya menerapkan sistem kerja bergantian sehingga karyawan tetap bisa menggunakan hak pilih sementara usaha kuliner tetap jalan,” beber Rohim.

Usaha kuliner yang berada ratusan meter dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni  sebagian masih tetap bisa berjualan. Lokasi di jalan perlintasan Jalan Lintas Sumatera dan Jalinpantim masih berpotensi untuk mendapatkan pelanggan.

Pasalnya sejumlah pelaku usaha ekspedisi yang akan menuju ke pelabuhan Bakauheni masih tetap beroperasi. Ia beralasan tetap membuka usaha karena keuntungan dari usaha kuliner justru mendapat keuntungan berlipat seperti saat Pemilu 2014 silam.

“Saat pelaksanaan Pemilu lima tahun sebelumnya pesanan nasi bungkus lebih banyak dari hari biasa. Sebagai antisipasi tidak adanya pedagang bahan baku sayuran ia memilih menyiapkan sehari sebelum Pemilu,” pungkasnya.

Lihat juga...