Jelang Pencoblosan, Pelabuhan Bakauheni, Sepi

Editor: Koko Triarko

132

LAMPUNG – Jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak, suasana di loket penjualan tiket kendaraan roda empat dan roda dua di pelabuhan penyeberangan Bakauheni, terlihat lengang. Pun dengan lima loket penjualan tiket pejalan kaki, juga sepi.

Joni Saputra, Kepala Regu Petugas Penjualan Saldo Isi Ulang di pelabuhan Bakauheni, menyebut, jelang pemilu ini penumpang pejalan kaki terlihat sepi. Dibandingkan dengan libur akhir pekan, jumlah penumpang yang menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni menuju pelabuhan Merak, menurun.

Berdasarkan data, jumlah penumpang yang menyeberang pada libur akhir pekan berjumlah 200 hingga 300 orang per hari.

Joni Saputra, kepala regu petugas penjualan saldo isi ulang tiket elektronik pelabuhan Bakauheni,Lampung Selatan -Foto: Henk Widi

Joni Saputra memastikan, jumlah penumpang pejalan kaki yang melakukan isi ulang saldo tiket elektronik hanya berkisar 100 hingga 200 orang. Penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang dominan melakukan isi ulang (top up) saldo tiket elektronik, sebagian membeli kartu tiket elektronik.

Sebagian penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang merupakan pekerja yang akan pulang ke kampung halamannya di pulau Jawa.

“Penumpang pejalan kaki, umumnya pekerja yang berdomisili di pulau Jawa dilihat dari KTP elektronik yang harus diperlihatkan saat membeli tiket elektronik untuk naik kapal,” terang Joni Saputra, saat ditemui Cendana News, Selasa (16/4/2019).

Joni Saputra menyebut, penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang sebagian hendak berlibur. Sebab, pada hari pemilihan umum, Rabu (17/4), ditetapkan sebagai hari libur nasional. Selain sejumlah perusahaan meliburkan karyawan, beberapa warga yang akan pulang ke pulau Jawa akan menggunakan hak pilih di tempat domisili masing masing.

Selain menggunakan kapal reguler di dermaga 1, 2 dan 3, sebagian memilih membeli tiket untuk naik kapal eksekutif di dermaga 7 pelabuhan Bakauheni.

Guniarso, warga asal Kudus, Jawa Tengah, mengaku berniat pulang ke kampung halamannya. Selain hendak berlibur, laki-laki yang bekerja di Lampung Tengah tersebut juga akan menggunakan hak pilih. Menurutnya, hak pilih pada pesta demokrasi yang dilangsungkan setiap lima tahun sekali harus digunakan sebagai warga negara yang baik.

Ia menargetkan, saat pulang menggunakan kereta api ia bisa sampai di kota kelahirannya dan bisa menggunakan hak pilih. “Sekalian libur dari pekerjaan, kesempatan pulang ke kampung halaman, saya gunakan untuk menggunakan hak pilih, karena undangan sudah dikirim ke rumah,” tutur Guniarso.

Sementara itu, pelayanan kapal di pelabuhan Bakauheni menjelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2019, tetap berjalan normal. Hal tersebut dibenarkan oleh Warsa, Ketua  Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Ia menyebut, jumlah kapal dioperasikan tetap berkisar 27 hingga 28 kapal roll on roll off (Roro) di lintasan Selat Sunda. Pada saat pelaksanaan Pemilu tahun ini, di pelabuhan Bakauheni tidak disediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) seperti pada Pilpres tahun sebelumnya.

Menurutnya, jelang Pemilu 2019 sejumlah kapal mengalami penurunan jumlah penumpang pejalan kaki dan kendaraan. Kondisi tersebut tercatat sangat signifikan, karena sejumlah perusahaan ekspedisi pengiriman barang memilih untuk meliburkan karyawan. Jika perusahaan ekspedisi beroperasi, ia memastikan akan normal kembali pada Rabu (17/4) sore atau Kamis (18/4). Meski ada penurunan jumlah pengguna jasa, ia menyebut kapal yang beroperasi tidak dikurangi.

“Kapal Roro yang dioperasikan tetap tidak ada penurunan, kalau pun keluar lintasan hanya untuk pengecekan peralatan sementara atau achor,” beber Warsa.

Sejumlah kapal yang keluar lintasan diakuinya merupakan kapal yang menjalani jadwal perbaikan atau docking. Kapal yang menjalani docking tersebut memanfaatkan kondisi sepinya arus penyeberangan. Sebab, sebagian kapal mempersiapkan perbaikan untuk pelayanan arus mudik dan balik lebaran pada akhir Mei hingga Juni 2019.

Kondisi sepinya arus penyeberangan disebutnya sekaligus menjadi kesempatan sejumlah kapal untuk melakukan proses istirahat mesin dan perbaikan.

Lihat juga...