Kawal Pemilu, WNI di Afrika Selatan Tunjukkan Antusias Tinggi

199

JAKARTA  – Para warga negara Indonesia (WNI) di Afrika Selatan antusias dalam mengawal penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilaksanakan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Pretoria, seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Kamis.

PPLN Pretoria dibantu oleh KPPSLN Pretoria turut serentak melaksanakan penghitungan suara Pemilu 2019 pada Rabu, 17 April 2019 pukul 09.00 waktu setempat di KBRI Pretoria.

Penghitungan suara yang dilakukan setelah kegiatan pencoblosan pada 13 April 2019 itu berjalan dengan aman dan lancar.

Proses penghitungan suara juga turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, sejumlah WNI dan media Afrika Selatan. Para WNI terlihat antusias dalam memantau proses perhitungan suara meskipun kegiatan itu dilaksanakan pada hari kerja.

Selain itu, penghitungan suara pemilu RI di Pretoria juga dibarengi dengan kegiatan nonton bareng hasil survei quick count di ruang serba guna KBRI Pretoria.

Warga yang hadir menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat semakin matang dalam berdemokrasi, serta siapa pun pemimpin yang terpilih nantinya dapat mengemban amanah untuk memajukan bangsa Indonesia.

Berdasarkan hasil lengkap perolehan suara di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Pretoria, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan 100 suara sedangkan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 41 suara. Selain itu, ada tiga surat suara yang dinyatakan tidak sah. (Ant)

Lihat juga...