Kementerian ESDM Serahkan PJU-TS di Kerinci

Ilustrasi perbaikan PJU. Dokumentasi CDN

JAMBI – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 67 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kerinci, Jambi.

Lampu tersebut, untuk membantu penerangan jalan di permukiman masyarakat pedesaan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. “Penerangan dari tenaga surya ini merupakan komitmen pemerintah untuk menerangi jalan masyarakat di daerah pedesaan,” kata Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Republik Indonesia, Akhmad Syakhroza, Sabtu (13/4/2019).

Lampu PJU-TS adalah lampu penerangan jalan, yang terintegarasi dengan baterai. Lampu tersebut menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Keuntungan menggunakan PJU-TS, selain murah dalam pembiayaan, juga ramah lingkungan. Masyarakat juga diuntungkan, terutama saat listrik padam, tapi jalan masih terang, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan,” tambahnya.

Kabupaten Kerinci, yang berada diujung Barat Provinsi Jambi merupakan daerah pertama di provinsi tersebut, yang mendapatkan program PJU-TS. Dari total 67 titik yang dipasang di Kabupaten Kerinci, di Pasar Senin (45 titik), Dusun Baru (2 titik), Siulak Panjang (2 titik), Koto Beringin (4 titik), Mukai Sebrang (2 titik), Koto Lua (2 titik), Mukai Hilir (7 titik), Senimpik (2 titik), Mukai Mudik (1 titik).

Selama 2018, program PJU-TS Kementerian ESDM itu telah dilaksanakan di 26 provinsi dan 166 kabupaten dan kota, dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 unit.

Bupati Kerinci, Adirozal, mengatakan, program PJU-TS sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat di daerahnya. Utamanya, saat terjadi pemadaman listrik pada malam hari. “Program ini betul terasa bermanfaat, kemaren listrik di sini sempat mati selama lima hari karena ada gangguan. Tapi untungnya ada PJU-TS jadi jalan tetap terang, dan membantu masyarakat yang akan berangkat ibadah salat di masjid saat malam hari,” jelasnya.

Bupati berharap, pemerintah pusat dapat menambah program tersebut. Sehingga, banyak masyarakat di pedesaan dapat merasakan penerangan jalan. “Selain bermanfaat untuk masyarakat, dengan adanya PJU-TS ini Pemkab bisa berhemat karena mengurangi biaya untuk lampu penerangan jalan itu,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...