Kerahkan Ribuan Personel, Bawaslu Tertibkan APK

335

PURWOKERTO – Sebanyak 5.636 personel dikerahkan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas, untuk menertibkan keberadaan alat peraga kampanye di wilayah Banyumas.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pidana Pemilu, Bawaslu Banyumas, Saleh Darmawan. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Penertiban dilakukan sejak Minggu (14/4/2019) pagi, hingga menjelang petang. Pada Minggu siang, sudah ada ribuan Aalat Peraga Kampanye (APK), yang ditertibkan petugas. Personel yang dikerahkan tersebut, merupakan anggota gabungan, yang terdiri dari Satpol PP Kabupaten Banyumas, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas. Kegiatan dengan memanfaatkan armada tiga mobil crane, untuk mencopot APK yang berada di ketinggian.

“APK yang dibiarkan terpasang hingga hari pertama masa tenang sangat banyak, sampai siang hari saja, kita sudah menertibkan ribuan APK,” kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pidana Pemilu, Bawaslu Banyumas, Saleh Darmawan, Minggu (14/4/2019).

Dari banyaknya APK yang masih terpasang, memperlihatkan kesadaran peserta kampanye untuk melepas atribut kampanye sendiri masih rendah. Hampir seluruh APK harus dilepas oleh Bawaslu. Untuk mengoptimalkan penertiban, Bawaslu membagi tim menjadi empat kelompok. Tim pertama bertugas untuk menertibkan mobil branding, baik yang terpasang pada angkutan umum maupun mobil pribadi.

Tim pertama memfokuskan kegiatan di wilayah Terminal Bulupitu Purwokerto, serta jalan protokol dan ruas jalan lain. Terkait penertiban mobil branding, sebelumnya Bawaslu sudah melayangkan surat peringatan kepada para pimpinan partai politik. Surat tersebut sudah disampaikan sejak H-2 masa tenang, dengan harapan ada waktu untuk memberitahu para caleg supaya melepas branding yang dipasang di mobil.

Tim kedua, menertibkan APK di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Purwokerto Timur, Purwokerto Selatan, Baturaden, Sumbang dan Kecamatan Kembaran. Tim dilengkapi dengan satu mobil crane. Sementara tim tiga, menertibkan APK di Kecamatan Purwokerto Barat, Cilongok, Ajibarang, Karanglewas, Patikraja dan Jatilawang. Tim empat, bertugas menertibkan APK di wilayah Kecamatan Sokaraja, Banyumas, Kalibagor, Kemranjeng, Sumpiuh dan Tambak. “Jika hari ini belum selesai, maka penertiban akan dilanjutkan besok, karena baliho, spanduk, serta bilbord yang terpasang cukup banyak,” kata Saleh.

Lihat juga...