hut

Kesegaran Es Durian Khas Padang yang Makin Digemari di Bekasi

Editor: Mahadeva

BEKASI – Kali ini adalah Es Durian, khas Padang, yang membuat pencinta durian di Kota Bekasi, Jawa Barat, ketagihan. Memiliki rasa khas durian, kesegarannya sangat terasa ketika dicampur cendol sagu dan santan kental.

“Saya baru buka empat bulanan es durian khas padang. Tapi penggemarnya cukup banyak, apalagi saat musim panas,” kata Tony, penjual Es Durian Khas Padang, di komplek Perumnas I, Kelurahan Kayuringin Kecamatan Bekasi Selatan, Sabtu (20/4/2019).

Satu gelas Es Durian Khas Padang, dijual Tony Rp12 ribu. Istimewanya adalah, campurannnya yang disajikan memiliki ciri tersendiri seperti Durian Medan, santan kelapa, Ampiang dan ketan. Semua bahan baku, seperti cendol dibuat sendiri oleh Tony. Untuk cendol, dibuat dengan sagu aren dicampur gula merah. Cendol dimasak dengan campuran rempah khas padang. Sehingga, saat menikmati Es Cendol Durian khas Padang, akan merasakan sensasi tersendiri.

Es durian khas Padang kian digemari di Bekasi – Foto M Amin

“Istimewanya ada Tanpiang, dan rempah yang ada di gula aren. Jadi penikmat Es Durian Padang akan, merasakah sensasi tersendiri, selain bisa membuat kenyang juga lebih menyegarkan,” tandas Tony.

Ampiang, itu adalah beras merah ditumbuk, seperti direndang dibuat oseng-oseng, lalu dikukus agar tidak keras kemudian diberi kelapa dan gula. “Es Cendol Khas Padang ini, kalau di Kota Padang, dikenal dengan Es Cendol Pattimura. Karena adanya di jalan Pattimura dan disana penggemarnya cukup ramai,” ujar Tony.

Selain berjualan es, Uda Tony, juga menjual aneka kuliner Sumatera Barat lain seperti lontong gulai pakis Padang, bubur kampiun, soto padang dan Kasandu (ketan, santan, durian, dan sari kayu). Bubur Kampiun, memiliki lima campuran  seperti kolak, kacang ijo, bubur sum-sum, ketan serta sari kayu.

Lihat juga...