hut

KSU Derami Berharap Program Damandiri Juga Sentuh Kota Padang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

PADANG — Program Yayasan Damandiri seperti bedah rumah untuk anggota koperasi yang tergolong kurang mampu, gerobak usaha untuk penikmat Tabur Puja, serta warung usaha rakyat yang telah diterapkan di pulau Jawa diharapkan juga dapat diaplikasikan di Kota Padang, Sumatera Barat.

Ketua Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang Padang Sayu Putu Ratniati/Foto: M. Noli Hendra

“Program ini belum sampai ke wilayah Sumatera, baru seputar wilayah Jawa. Kita sangat menginginkan program itu dapat diterapkan di Padang,” katanya, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya, program – program Damandiri, yayasan yang didirikan oleh presiden kedua RI, HM Soeharto sangat bersentuhan langsung dengan kondisi masyarakat. Artinya tidak hanya membantu dari sisi ekonomi melalui Tabur Puja, tapi turut menyinggung kondisi fisik rumah masyarakat.

Ayu menyebutkan jika Damandiri memberikan kesempatan, maka KSU Derami Padang akan bergerak cepat melakukan pendataan kepada masyarakat. Baginya suatu penghargaan bagi masyarakat di Padang, jika program-program itu bisa diterapkan.

Dia berkata, berbicara kondisi ekonomi di Padang, terbilang cukup banyak rumah-rumah anggota koperasi yang perlu mendapatkan sentuhan bedah rumah, yang juga merupakan salah satu program Damandiri. Begitu juga untuk warung usaha rakyat, dan gerobak usaha, banyak juga yang membutuhkannya.

Kendati demikian, KSU Derami Padang berharap di tahun mendatang, program-program Damandiri dapat disalurkan hingga ke daerah Padang. Karena akan sangat berarti, jika program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ia menyebutkan, sejak berdirinya KSU Derami, program-program Damandiri yang menyentuh untuk masyarakat di Padang baru Tabur Puja, yang memang telah lama bergerak dalam membantu permodalan masyarakat.

“Berbicara keberadaan Tabur Puja di Padang. Sampai saat ini masih berjalan dengan baik. Bahkan telah mampu mengubah kondisi perekonomian masyarakat, dari pra sejahtera menjadi sejahtera I,” jelasnya.

Sementara itu, di antara program Yayasan Damandiri yang diterapkan di pulau Jawa yakni Desa Mandiri Lestari. Dalam program tersebut dilakukan pemetaan masyarakat pra sejahtera, pemberdayaan masyarakat hingga pembangunan infrastruktur dan pemberian modal usaha.

Program bedah rumah Damandiri merupakan program yang istimewa, karena pendekatan yang dilakukan tidak hanya pendekatan Aladin (Atap, lantai, dinding) atau infrastruktur rumahnya saja. Kegiatannya juga ditekankan kepada penerima manfaat harus produktif dan memiliki usaha.

Seperti yang dilakukan di Desa Mandiri Lestari, di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, selain rumahnya direhab, juga dibantu rehab untuk tempat usaha. Yang mana besaran dana untuk rehab rumah Rp20 juta, untuk tempat usaha Rp2,5 juta dan untuk modal usaha Rp2,5 juta. Hal ini ditujukan agar ketika rumah sudah selesai di rehab dan permasalahan infrastrukturnya selesai, maka ekonominya juga harus ditunjang dengan adanya usaha.

Lihat juga...