hut

KSU Derami Dorong Posdaya Gelar Kegiatan Saat Ramadhan Secara Mandiri

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

PADANG — Sepekan menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, yang jatuh pada bulan Mei 2019 mendatang, Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, mulai mengambil langkah untuk dapat dijalankan di setiap Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya).

Ketua Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang Padang Sayu Putu Ratniati/Foto: M. Noli Hendra

Ketua KSU Derami Padang, Sayu Putu Ratniati mengatakan, sebelumnya pihaknya secara rutin melakukan berbagai kegiatan, seperti bagi-bagi sembako hingga tausiah bersama. Tahun ini, KSU memilih agar kegiatan diserahkan ke masing-masing Posdaya.

“Kalau soal bagi – bagi parcel dari pengurus untuk Posdaya tetap ada. Tapi hanya untuk Posdaya saja, bukan untuk anggotanya. Sementara untuk melaksanakan kegiatan lainnya, bisa dilaksanakan oleh masing-masing Posdaya,” katanya, Jumat (26/4/2019).

Ia mengaku salah satu alasan yakni KSU Derami tengah melakukan pengurangan pengeluaran. Karena melihat pada Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2018 mengalami minus. Kondisi yang demikian, membuat KSU Derami melakukan sejumlah cara supaya keuangan koperasi pada tahun 2019 ini, berada ke kondisi yang benar-benar aman.

“Tidak hanya soal kegiatan pada Ramadhan nanti saja yang perlu dikurangi. Sejumlah kegiatan lainnya juga bakal urung dilaksanakan. Jika bisa mengurangi pengeluaran, maka harus dilakukan, demi kebaikan koperasi,” jelasnya.

Ayu menyebutkan dengan adanya kegiatan Ramadhan yang dilakukan masing-masing Posdaya, dapat memberikan sumarak Ramadhan kepada seluruh anggota yang tersebar di Kota Padang.

“Saat ini jumlah Posdaya kita ada 33 dengan memiliki jumlah 3.086 orang, dan yang merupakan anggota aktif mencapai 2.000. Dengan demikian Posdaya perlu benar-benar menjalankan rencana kerja selama Ramadhan secara adil dan benar,” sarannya.

Dikatakannya, selama berdirinya KSU Derami Padang, dengan memiliki anggota 3.086 orang itu, menjadikan sebuah tanggungjawab bagi koperasi, supaya masyarakat benar-benar terayomi dengan baik. Apalagi masyarakat yang tergabung merupakan keluarga kurang mampu.

Menurutnya, Ramadhan adalah bulan kebaikan, sehingga bagaimana pun caranya membuat kebaikan, akan dilakukan. Begitu juga dengan KSU Derami bersama Posdaya, yang saling bekerjasama membantu masyarakat kurang mampu.

“Koperasi dan Posdaya tidak bisa saling melepaskan diri, tapi selalu berjalan bergandengan tangan. Artinya apapun yang dilakukan Posdaya, merupakan bentuk dukungan dari KSU Derami,” tutupnya.

Lihat juga...