hut

Bawa Bekal Kurangi Kebiasaan Jajan Sembarangan Murid SDN 1 Pasuruan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Upaya mengurangi kebiasaan jajan sembarangan, SDN 1 Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) menerapkan bawa bekal sehat ke sekolah. Cara tersebut  dilakukan sebagai bagian dari kerja sama dengan pelaksana program promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Penengahan.

Ana Ventalensi, wali kelas 3 SDN 1 Pasuruan memperlihatkan bekal yang dibawa siswa ke sekolah. Foto: Henk Widi

Ana Ventalensi, wali kelas 3 menyebutkan,  sosialisasi sudah dilakukan dengan melibatkan orangtua siswa untuk membuatkan bekal sehat sebelum murid berangkat sekolah. Tujuannya agar makanan yang dikonsumsi oleh anak didik lebih terjamin. Meski sebagian kantin sekolah sudah ditata agar menjual makanan sehat, pedagang di luar sekolah kerap tidak memperhatikan faktor kesehatan. 

“Sebelum membawa bekal sehat ke sekolah siswa telah menyampaikan kepada orangtua agar setiap hari Sabtu dibuatkan bekal. Bagi yang ingin membawa bekal setiap hari justru lebih baik untuk makan siang bersama di sekolah,” terang Ana Ventalensi, saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (13/4/2019)

Membawa bekal sehat ke sekolah disebut Ana Ventalensi sudah dilakukan selama dua tahun terakhir. Sejumlah makanan yang dianjurkan yakni yang mengandung sumber karbohidrat, protein serta buah buahan.

“Setiap orangtua bisa mengatur jenis makanan yang bisa dikonsumsi anak. Jika anak alergi makanan tertentu maka orangtua bisa mengatur jenis asupan makanan yang harus dibawa,” beber Ana Ventalensi.

Meski telah dianjurkan membawa bekal makanan sehat, Ana Ventalensi juga menganjurkan sarapan. Sebab makan siang bekal yang dibawa disantap saat jam istirahat.

Disebutkan juga, kreativitas orangtua dalam membuat variasi ikut mendorong anak memiliki keinginan untuk membawa bekal ke sekolah. Saat ini produk wadah makanan mulai dibuat semenarik mungkin ditambah dengan membentuk nasi dan lauk menjadi karakter kartun menjadi kebanggaan tersendiri bagi murid-murid tersebut.

“Rancangan menu yang menarik membuat murid menyukai membawa bekal ke sekolah dengan menu yang berbeda setiap hari. Selain makanan, juga selalu dianjurkan membawa wadah air minum atau tumbler,” tambahnya.

Imbauan selalu membawa botol minum bahkan dianjurkan setiap hari agar anak didik mendapatkan asupan air yang matang dari rumah. Selain itu dengan membawa botol minum dari rumah siswa bisa diajak meminimalisir sampah plastik dari air minum kemasan yang dijual.

Lihat juga...