hut

Kusmiati Kembangkan Usaha melalui Pinjaman Tabur Puja

Editor: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Tersedianya pinjaman modal usaha senilai Rp 2 juta dari Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui program Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja), benar-benar dimanfaatkan warga Kelurahan Kedungkandang untuk mengembangkan usaha.

Seperti yang dilakukan Kusmiati, salah satu warga RT 03 RW 06, kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Terhitung sejak enam bulan lalu, tepatnya  Oktober 2018, Kusmiati menjadi anggota sekaligus pengurus kelompok Tabur Puja Cempaka Koperasi Unit Desa (KUD) Subur.

Disampaikan Kusmiati, dengan menjadi anggota Tabur Puja, dirinya bisa mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha perlengkapan rumah tangga yang telah dirintis 8 tahun lalu.

“Uang Rp 2 juta dari Tabur Puja saya gunakan membeli aneka perlengkapan rumah tangga dan barang pecah belah untuk dijual,” akunya saat ditemui Cendana News. Jadi, lanjutnya, barang yang dijual bisa lebih banyak dan bervariasi.

Menurut Kusmiati, keberaniannya mengajukan pinjaman di Tabur Puja karena bunganya sangat kecil dan ringan dalam pembayaran angsuran.

“Angsuran dibayar setiap minggu pada hari Rabu sebesar Rp50 ribu selama 12 bulan,” terangnya.

Selain itu, persyaratan pengajuan pinjaman juga sangat mudah dan tidak berbelit. Cukup menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), maka dalam kurun waktu satu minggu pinjaman sudah cair.

“Dan yang paling penting tidak ada jaminan. Berbeda jika meminjam uang di bank yang harus menyertakan jaminan. Ini yang membuat banyak warga tertarik untuk meminjam uang modal usaha di Tabur Puja,” tandasnya.

Dikatakan Kusmiati, sebenarnya selama ini banyak warga di sekitar tempat tinggalnya yang ingin sekali membuka usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Hanya saja kebanyakan dari mereka terbentur besarnya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha.

“Beruntung sekarang di Kelurahan Kedungkandang sudah ada Tabur Puja. Jadi warga bisa langsung pinjam modal usaha ke sana. Khususnya warga kurang mampu yang ingin membuka usaha,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini anggota Tabur Puja Cempaka sudah mencapai 100 orang. Kebanyakan anggotanya berprofesi sebagai pedagang.

“Kami berharap ke depan ada program-program baru dari Tabur Puja yang bisa membantu lebih banyak lagi rakyat kecil. Khususnya dalam peningkatan perekonomian,” harapnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!