hut

Lamtoro Gung Miliki Banyak Manfaat

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Bukan tanpa alasan, Ibu Negara Siti Hartinah Soeharto  menggunakan pola daun Lamtoro Gung sebagai dasar pembangunan kawasan Taman Buah Mekarsari. Pasalnya, Lamtoro Gung memang memiliki manfaat yang banyak, baik bagi lingkungan sekitarnya maupun manusia.

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Junaedi, menyebutkan, Lamtoro Gung atau petai cina masuk dalam genus Leucaena.

“Lamtoro ini termasuk jenis tanaman perdu, dengan ketinggian mampu hingga 18 meter. Model batangnya tegak dengan sistem perakaran tunggang. Batangnya berwarna coklat kemerahan, dengan cabang yang banyak,” kata Junaedi, di Blok D Taman Buah Mekarsari, Selasa (30/4/2019).

Bentuk daunnya memanjang dengan tipe majemuk, menyirip ganda dua. Warnanya hijau muda dan ukurannya kecil.

“Bunganya termasuk tipe majemuk yang berupa bonggol, bertangkai panjang dan memiliki dua hingga enam bonggol. Dalam satu bonggol, tersusun 100 sampai 180 kuntum bunga yang membentuk bola berwarna putih atau kekuningan, dengan diameter 12-21 mm,” urai Junaedi.

Buah lamtoro berbentuk polong pipih tipis. Dalam satu tandan bisa terisi 20-30 buah polong. Satu polong Lamtoro memuat antara 15-30 biji.

“Biji Lamtoro ini elips terbalik dan pipih. Warnanya hijau mengkilat saat muda, dan coklat kehitaman saat tua,” ujar Junaedi.

Ada pun manfaat Lamtoro bagi para petani dan peternak adalah sebagai bahan baku pakan ternak dan sebagai pupuk hijau. Karena daun Lamtoro yang luruh ke tanah, bisa menjadi sumber unsur nitrogen bagi tanaman lain.

“Selain itu, pohon Lamtoro ini bisa menjadi sumber kayu bakar, peneduh bagi tanaman lain dan pencegah erosi,” kata Junaedi.

Lamtoro diketahui juga dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan. Beberapa literatur menyebutkan, Lamtoro bisa mengobati kencing manis, cacing, bengkak radang ginjal, bisul, patah tulang, abses paru, luka terpukul, insomnia dan meningkatkan gairah seks.

“Saya memang tidak mempelajari secara mendalam bagaimana Lamtoro bisa menyembuhkan penyakit. Tapi kalau dilihat dari kandungan yang terdapat dari daunnya, hal ini memang mungkin,” ucap Junaedi.

Data menunjukkan, bahwa daun Lamtoro mengandung zat aktif alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, mimosin dan leukanin.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!