hut

Libas Vitesse 4-2, Ajax Perlebar Jarak di Puncak Klasemen

JAKARTA — Ajax melibas Vitesse Arnhem 4-2 dalam laga pekan ke-32 Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu dini hari WIB, sehingga memperlebar jarak keunggulan di puncak klasemen.

Kemenangan itu membuat Ajax kini mengoleksi 80 poin dan unggul tiga poin atas peringkat kedua PSV Eindhoven (77) yang baru merumput Jumat dini hari WIB (26/4), demikian catatan laman Liga Belanda.

Dusan Tadic mengemas dua gol lewat titik putih untuk melengkapi gol Hakim Ziyech dan Matthijs de Ligt, sedangkan Navarane Four dan Oussama Darfalou membalas untuk Vitesse.

Kendati tampil dominan sejak tendangan pertama, Ajax baru bisa mencetak gol pada menit ke-41 lewat sontekan jarak dekat Ziyech menyambut umpan kiriman Tadic.

Ajax memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-54 saat De Ligt dilanggar Mohammed Dauda di dalam area terlarang ketika menanti tendangan bebas.

Tadic sukses mengeksekusi bola dari titik putih untuk menggandakan keunggulan Ajax pada menit ke-55.

Empat menit berselang, De Ligt menyambut sepak pojok Lasse Schoene untuk memperbesar keunggulan Ajax menjadi 3-0.

Vitesse sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-66 saat umpan silang Matus Bero diselesaikan dengan baik oleh Foor.

Ajax merestorasi keunggulan dua gol ketika Tadic menjadi algojo penalti setelah Juergen Ekkelenkamp dijatuhkan Maikel van der Werff di dalam area terlarang pada menit ke-80.

Dua menit kemudian, Darfalou menanduk bola umpan silang Tim Matavz untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4.

Namun, Vitesse tak bisa mengejar ketertinggalan lebih jauh lagi dan bahkan harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah Bero menerima kartu kuning kedua pada masa injury.

Vitesse yang kini mengoleksi 47 poin turun ke urutan ketujuh klasemen akibat kekalahan ini. (Ant)

Lihat juga...