Logistik Pemilu 2019 di Biak, Siap 100 Persen

Logistik Pemilu 2019 - DOK CDN

BIAK – Logistik Pemilu 2019 untuk pemungutan suara di Biak, Papua, telah lengkap 100 persen. Logistik tersebut untuk digunakan dalam pemungutan suara pada 17 April.

“Hingga H-4 pemilu serentak, KPU Biak sudah mendistribusikan logistik di Pulau Numfor, dan akan dilanjutkan ke Pulau Padaido, Aimando serta distrik di daratan pulau Biak,” kata Ketua KPU Biak, M.Yan Morin, di Sekretariat KPU Jalan Tanjung Kirana Mandouw distrik Samofa, Sabtu (13/4/2019).

Yan Morin menegaskan, pemungutan suara akan dilakukan oleh 468 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 265 kampung dan kelurahan, serta 19 Panitia Pemilihan Distrik (PPD). Mereka semua diklaim, sudah siap melakukan tugas pemungutan suara pada 17 April 2019.

Ketua Komisi Pemilhan Umum Biak Numfor Mathias Yan Morin S.Pd (Ant)

Setiap petugas KPPS, PPS, dan PPD, dimintanya harus menjaga netralitas dan independensi, selama menjadi petugas penyelenggara pemilu. Hal itu,  sebagai jaminan mewujudkan pemilu berkualitas rakyat berdaulat.

“Keberhasilan melaksanakan pemilu dengan menjaga profesionalisme sebagai penyelenggara pemilu serta mampu meningkatkan angka partisipasi di atas 77 persen untuk Kabupaten Biak Numfor,” kata mantan Wartawan RRI Biak tersebut.

Menyinggung penuntasan distribusi logistik Pemilu 2019, telah dipastikan hingga H-1, atau sebelum pemungutan suara semua logistik sudah tiba di tempat pemungutan suara kampung dan kelurahan. Semua warga Biak Numfor, yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap dapat datang ke TPS, untuk memberikan hak pilih sesuai hati nurani.

“Ingat satu suara warga sangat penting dan beharga, karena ikut menjamin kelangsungan masa depan pemerintahan dan demokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Hingga Sabtu pukul 18.00 WIT berbagai kelengkapan logistik pemilu seperti kotak suara, surat suara, formulir rekpatitulasi perolehan suara, tinta, alat coblos serta buku panduan pemungutan suara sudah didistribusikan ke setiap panitia pemilihan distrik. (Ant)

Lihat juga...