hut

Lumat Manchester United 3-0, Barcelona Melaju ke Semifinal

JAKARTA — Barcelona melumat Manchester United dengan skor 3-0 dalam laga kedua perempat final Liga Champions di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol, Rabu dini hari WIB.

Berkat hasil itu, Barcelona menang agregat 4-0 dan berhak melangkah ke babak semifinal, demikian catatan laman resmi UEFA.

Lionel Messi mengemas dua gol dalam laga tersebut yang kemudian dilengkapi oleh Philippe Coutinho.

Tim tamu sebetulnya memulai laga dengan cukup baik bahkan menebar ancaman lewat serangan pertama mereka, namun umpan terobosan Paul Pogba yang berusaha diselesaikan Marcus Rashford ditolak oleh mistar gawang.

Pada menit ke-10, wasit Felix Byrch sempat menunjuk titik putih karena menganggap Fred menjatuhkan Ivan Rakitic di dalam kotak penalti MU. Namun setelah meninjau tayang ulang VAR, Byrch membatalkan keputusannya itu.

Hal itu rupanya hanya menunda gol pembuka keunggulan Barcelona yang lahir enam menit kemudian lewat tembakan melengkung Messi. Berawal dari tekanan tuan rumah, Ashley Young kehilangan bola di areanya sendiri dan bola diambil alih Messi yang melewati Chris Smalling sebelum melepaskan tembakan demi menaklukkan kiper David de Gea.

Empat menit kemudian, De Gea dipaksa kembali memungut bola dari dalam gawangnya lagi. Messi mencetak gol kedua dan membawa Barcelona unggul 2-0 lewat tembakan yang tidak terlalu keras yang seharusnya mudah dihentikan De Gea, namun malah menggelinding ke dalam gawang.

Keunggulan itu membuat Barcelona nyaman memainkan penampilan terbaik mereka, dan ketika MU memperoleh peluang jarang-jarang eksekusi tendangan Rashford masih membentur pagar hidup pada menit ke-44.

Barcelona memasuki babak kedua tetap dengan kepercayaan diri penuh, dan pada menit ke-61 Coutinho memperbesar keungulan mereka menjadi 3-0. Mantan pemain Liverpool itu memperoleh bola, mendekati tepian kotak penalti dan melepaskan tembakan ke sudut atas gawang di hadapan Smalling yang tak bisa berbuat apa-apa.

Unggul tiga gol tak mengendurkan daya serang Barcelona yang memperoleh empat peluang lagi namun tak mampu memperbesar kemenangan 3-0 saat peluit tanda laga usai ditiup Byrch.

Barcelona akan menanti pemenang laga perempat final lain antara Porto kontra Liverpool di semifinal. Liverpool sementara unggul agregat 2-0. (Ant)

Lihat juga...