Masa Kampanye, Penukaran Uang di BI Purwokerto Meningkat

Editor: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Memasuki masa kampanye terbuka, dalam beberapa hari terakhir penukaran uang di wilayah Bank Indonesia (BI) Purwokerto meningkat cukup signifikan. Terutama untuk penukaran uang kecil pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Kepala BI Purwokerto, Agus Chusaini, dalam acara ngopi bareng wartawan di Cilacap, Selasa (9/4/2019) malam membenarkan adanya peningkatan penukaran uang tersebut. Namun, pihaknya tidak mempunyai data apakah peningkatan penukaran uang kecil tersebut berhubungan dengan momen kampanye atau tidak.

Sebab, dalam setiap transaksi penukaran, pihak perbankan tidak akan menanyakan penggunaan atau pun maksud dari penukaran uang tersebut.

“Peningkatan penukaran uang kecil terpantau salah satunya dari antrian penukaran di Kantor BI Purwokerto, jika pada hari biasa hanya ada 2-3 orang yang menukar uang, sekarang antrian meningkat sekitar 10 orang penukar setiap harinya. Tetapi kita tidak bisa memastikan apakah ini ada hubungannya dengan masa kampanye atau tidak,” tuturnya.

Terkait jumlah detil peningkatan penukaran uang beserta pecahannya, Agus mengatakan, pihaknya belum melakukan pendataan keseluruhan. Sebab, peningkatan penukaran tersebut baru terjadi dalam 3-4 hari terakhir, sementara pendataan rutin biasanya dilakukan dalam tempo waktu tertentu.

“Nanti kalau sudah didata secara detil, jumlah dan pecahannya akan kita sampaikan,” janjinya.

Penukaran uang di BI Purwokerto sudah dibuka sejak bulan Januari 2019. Penukaran uang ini dimaksudkan untuk menarik uang-uang yang lusuh dan menggantinya dengan uang yang baru.

BI juga mengimbau kepada seluruh perbankan untuk aktif melakukan penukaran uang, guna meminimalkan peredaran uang lusuh.

Lihat juga...