Masa Tenang, Masyarakat Sumbar Diminta Waspada Politik Uang

Editor: Satmoko Budi Santoso

PESISIR SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang, Jumat, 12 April 2019.

Apel ini menindaklanjuti Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 0711/K.Bawaslu/PM.o1.oo/3/2019 perihal Kegiatan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada masa tenang pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Komisioner Bawaslu Pesisir Selatan, Yeni Rahma Sari, mengatakan, apel tersebut bentuk upaya Bawaslu mensosialisasikan kepada sejumlah aparat yang terlibat dalam Pemilu 2019.

Hal yang perlu diawasi ialah adanya politik uang di masa tenang sebelum hari pencoblosan dilaksanakan. Sehubungan dengan kegiatan tersebut terdapat beberapa persiapan yang mesti dilakukan.

Komisioner Bawaslu Pesisir Selatan, Yeni Rahma Sari, bersama komisioner lainnya menggelar rapat sebelum dimulainya Apel Patroli Politik Uang di Painan, Pesisir Selatan/Foto: M. Noli Hendra

“Kami harapkan kerjasama dari Dinas Kominfo untuk menyebarkan informasi tersebut melalui Mobil Penerangan (Mopen), Radio, ataupun melalui Website, untuk menyampaikan kepada masyarakat jangan mau terlibat dalam politik uang,” katanya, Jumat (12/4/2019).

Kegiatan apel dilakukan dengan cara berjalan kaki dengan rute start dari Kantor Bawaslu Pesisir Selatan menuju jalur dua Painan dan finish kembali di Kantor Bawaslu. Kegiatan tersebut turut melibatkan masyarakat dan kegiatan itu juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Lebih jauh dijelaskannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar jangan sampai tergoda dengan iming-iming uang untuk memilih kandidat tertentu.

Lihat juga...