hut

Masa Tenang, Ribuan APK Ditertibkan di Surabaya

Petugas gabungan melakukan penertiban alat peraga kampanye di Jalan Palmboom, kawasan Perak Barat, Surabaya, (Foto Ant)

SURABAYA – Ribuan alat peraga kampanye peserta Pemilu 2019 di sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, ditertibkan petugas gabungan.

Petugas yang terdiri dari personel Badan Pengawas Pemilu, Satpol PP, Linmas, Polri, TNI, bergerak membersihkan sejak Minggu (14/4/2019) dini hari. “Mulai pukul 00.00 WIB dini hari hingga siang, kami sudah terus bergerak menertibkan ribuan APK (alat peraga kampanye) di sejumlah titik,” kata Komisioner Bawaslu Surabaya Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL), Hidayat, Minggu (14/4/2019).

Menurutnya, sebelum melakukan penertiban APK, petugas gabungan melakukan apel bersama di Taman Kreasi, Surabaya. Setelah apel, langsung bergerak melakukan penertiban APK ke arah selatan dan timur. Belum bisa dipastikan, berapa jumlah APK yang telah ditertibkan tersebut. Hanya saja, diperkirakan ada ribuan APK dengan ukuran besar hingga kecil yang ditertibkan. Seperti baliho, banner, spanduk, poster dan alat peraga lainnya. “Untuk APK yang berukuran besar sudah ditertibkan orangnya, seperti halnya videotron, baliho dan billboard,” ujarnya.

Bawaslu Jatim bersama petugas gabungan lainnya, pada Minggu siang melanjutkan penertiban APK di kawasan perkampungan. “Kami memastikan APK di jalan-jalan protokol Surabaya sudah bersih,” tandasnya.

Sedangkan untuk APK yang sulit ditertibkan karena letaknya tinggi atau kawasan yang sulit dijangkau, Bawaslu telah meminta bantuan Satpol PP untuk menggunakan alat khusus. Bawaslu mengklaim, akan berupaya menertibkan APK selama masa tenang mulai 14 hingga 16 April 2019. Hal itu tidak bisa dilakukan cepat, mengingat APK yang terpasang jumlahnya cukup banyak bisa mencapai ratusan ribu unit. (Ant)

Lihat juga...