Masyarakat Sumbar Menanti Kampanye Prabowo, Besok

Editor: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Calon Presiden RI, Prabowo Subianto, nomor urut 02 bakal melakukan kampanye terbuka ke Kota Padang, Sumatera Barat, besok 2 April 2019. Lokasi kampanye dipusatkan di sepanjang Pantai Purus Padang. Diperkirakan akan ada ratusan ribu masyarakat menyambut kedatangan Prabowo.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Sumatera Barat, Nasrul Abit, memperkirakan akan ada 150 ribu masyarakat Sumatera Barat hadir dalam kampanye terbuka Capres Prabowo.

“Sumatera Barat merupakan lumbung suara dan pendukung Prabowo. Jadi kedatangan Pak Prabowo sudah keinginan masyarakat Sumatera Barat,” katanya, malam ini, Senin (1/4/2019).

Ia menyebutkan, dari perkiraan Gerindra, Pantai Padang akan menjadi lautan manusia, karena akan dipadati dari berbagai penjuru Sumatera Barat. Bahkan diperkirakan Pantai Padang penuh sesak dari ujung ke ujung (Hotel Pangeran hingga ke Muaro Padang).

“Antusias masyarakat tidak bisa dibendung, sudah lama masyarakat merindukan Prabowo Subianto langsung yang datang. Sebelumnya Sandi yang datang juga ramai apalagi ini langsung Prabowo,” katanya.

Nasrul Abit mengaku, akan mendampingi Prabowo dalam kampanye besok. Sebab mantan Bupati Pesisir Selatan itu sudah mengantongi izin cuti kampanye dari Kemendagri yakni 2 April 2019.

“Besok saya akan mendampingi beliau, kampanye akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Orasi dari Prabowo kemungkinan sekitar setelah Zuhur,” tukasnya.

Sehubungan dengan adanya kedatangan Prabowo ke Padang, ada tanggapan dari Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Abrar. Menurutnya, kedatangan Prabowo ke Kota Padang akan menguatkan pilihan warga Sumatera Barat yang selama ini menjadi basis 02 tersebut.

“Kehadiran Prabowo akan memberi amunisi bagi warga Sumbar untuk menguatkan pilihan politik mereka. Karena kehadirannya adalah salah satu bentuk komitmen politik bagi konstituen,” ujar Abrar.

Menurutnya, Prabowo punya kepentingan besar terhadap Sumatera Barat, karena Sumatera Barat memiliki sejarah penting berdirinya bangsa Indonesia.

“Apalagi, seperti yang sama-sama kita ketahui Sumatera Barat adalah basis dari Prabowo. Bisa dikatakan Prabowo pulang ke basisnya,” sebut Abrar.

Disampaikannya, pada pilpres 2014 lalu Prabowo menang besar di Sumatera Barat (Prabowo-Hatta: 1.797.505 (76,92 persen), Jokowi-JK: 539.308 (23,08 persen) dari 2.336.813 suara sah.

“Tentunya tim 02 ingin mengulang pencapaian besar itu pada Pilpres 2019 ini,” tegasnya.

Terkait kampanye itu, juga akan didampingi sejumlah kepala daerah, dan mereka telah mengantongi izin cuti. Selain ada Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, juga ada Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi,

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Iqbal Ramadi Payana, mengatakan, pengajuan cuti terkait kampanye Pilpres ini diatur Pasal 35, Pasal 36, Pasal 38 PP No. 32/2018, dengan mencantumkan jadwal dan jangka waktu serta lokasi kampanye.

Hal ini guna menghindari terjadinya pelanggaran kepala daerah yang terlibat dalam kampanye.

 

Lihat juga...