Melihat cara Penyemaian Melon di Festival Melonial

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Untuk menghasilkan buah melon yang baik, dibutuhkan bibit dan media tanam yang sesuai. Budi daya akan semakin menghasilkan juga dipengaruhi perawatan.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Deden Danuri, menjelaskan, bibit yang baik dihasilkan dari buah melon yang matang sempurna. Jika menggunakan tanaman melon Mekarsari, artinya saat umur antara 60 hingga 65 hari.  “Pertama biji melon dibersihkan, lalu dikeringkan dengan cara dijemur. Biasanya, dari satu melon bisa didapatkan 200 biji,” kata Deden di salah satu stand Festival Melonial, Sabtu (13/4/2019).

Dari 200 biji yang didapatkan, biasanya akan ada biji yang hampa, yaitu biji yang jika dipegang terasa kopong. Dari biji ini, tidak akan tumbuh akar jika dilakukan penyemaian. Dari biji yang disemai 75 persen berisi dan bisa dijadikan bibit. Cara untuk memisahkan antara biji yang hampa dan tidak dengan cara ditampi atau direndam air. Kalau biji mengapung, artinya hampa. “Yang tenggelam, yang bisa dijadikan calon bibit,” urai Deden.

Selesai dicuci dan dikeringkan, bibit melon diletakkan di kertas koran dan ditutup dengan kertas koran dan kain diatasnya. Penutupan untuk mempercepat pertumbuhan akar, karena akar lebih cepat tumbuh dalam kondisi gelap.  Jika sudah tumbuh akar, bibit dipindahkan ke media tanam yang dibuat dari campuran arang sekam dan cocopeet,  yang terbuat dari sabut kelapa yang digiling halus.

Tanaman melon yang berumur tiga hari dan siap dipindahkan ke pot atau polybag – Foto Ranny Supusepa

“Penggunaan media tanam ini, mempertimbangkan bentuknya yang halus. Efeknya bagus pada akar yang baru tumbuh, dan sifatnya sensitif. Kita diamkan sekitar tiga hari. Nanti tanaman melon akan mencapai tinggi sekitar 15 hingga 20 sentimeter,” kata Deden.

Setelah akar kuat, tanaman dipindahkan ke media tanam untuk memperkuat akar, dan juga untuk menjarangkan jarak tanam. Di media serat, tanaman melon akan dibiarkan selama satu hingga dua minggu. Baru kemudian dipindahkan ke pot atau polybag, sesuai kebutuhan.

“Saat dipindahkan, akar melon ini sudah kuat. Dan sudah siap untuk memiliki buah saat usia mencapai 20 hari. Biasanya, kita lihat jika sudah bertumbuh tujuh helai daun, artinya sudah siap. Untuk memaksimalkan hasil buah, Mekarsari hanya menumbuhkan satu buah saja dari satu tanaman,” kata Deden lebih lanjut.

Untuk memastikan tanaman melon mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dilakukan penambahan sejumlah unsur seperti AB Mix, yang merupakan sumber nutrisi. “Kita tetap membutuhkan nutrisi, karena arang sekam itu hanya untuk menjaga akar. Ada beberapa tambahan yang bisa dibeli pemilik tanaman untuk ditambahkan,” ujar Deden.

Untuk menghindari adanya hama, pemilik tanaman melon bisa mempersiapkan tempat yang steril. Atau jika hanya memiliki satu atau dua tanaman, bisa dilakukan perawatan manual.  “Biasanya ada trips yang menyerang daun melon. Ini bisa kita semprot dengan pestisida. Atau bisa dibuang saja daun yang terpapar trips secara manual,” kata Deden.

Lihat juga...