hut

Mengenal Keindahan Corak Calathea di Mekarsari

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Bagi pecinta tanaman, mungkin nama Calathea bukanlah hal yang asing. Karena Calathea adalah salah satu jenis tanaman hias, yang cocok ditanam baik di dalam maupun di luar ruangan.

Bahkan, Calathea sudah sering menjadi bagian dari transaksi perekonomian. Yaitu pada usaha penyewaan tanaman untuk kepentingan kantor maupun gedung.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Sodikin, menyebutkan, Calathea sangat mudah untuk dirawat. Dan tampilannya mampu memberi efek adem pada area sekitarnya.

“Calathea ini termasuk dalam famili Marantaceae. Ciri khasnya adalah daun-daunnya lebar dan memiliki corak yang unik,” kata Sodikin di area Nursery, Taman Buah Mekarsari, Selasa (23/4/2019).

Daun lebar yang dimiliki Calathea merupakan suatu indikasi bahwa tanaman ini mampu hidup dalam kondisi cahaya yang rendah.

Tanaman hias Calathea tumbuh indah di Taman Buah Mekarsari – Foto: Ranny Supusepa

“Ada banyak sekali spesies dari Calathea. Contohnya, yang berbunga ini. Walaupun mungkin, jarang ada yang tahu kalau beberapa spesies Calathea memiliki bunga. Para penggemar Calathea, lebih tertarik pada corak dan warna daunnya,” papar Sodikin.

Selain memang indah, menurut Sodikin, pecinta tanaman menyukai Calathea karena perawatannya yang mudah.

“Calathea bisa ditanam dimana saja. Di dalam rumah, di luar, di tanah, di pot. Pokoknya, bisa disesuaikanlah. Yang penting, jangan langsung terkena cahaya matahari,” ujar Sodikin.

Selain itu, Sodikin juga menyebutkan, kalau Calathea memang membutuhkan air yang cukup dan tanah yang lembab. Tapi juga tidak boleh terlalu becek.

“Karena Calathea itu termasuk tanaman yang suka panas, maka pertumbuhannya tidak terlalu baik dalam kondisi yang dingin. Kondisi yang terlalu dingin atau terlalu panas akan menyebabkan bagian pinggir daun Calathea melingkar,” papar Sodikin.

Calathea umumnya tidak membutuhkan pupuk dan pemangkasan yang intensif. Hanya membutuhkan pupuk, saat memasuki periode berbunga dan pemangkasan pada daun yang menguning.

Pertumbuhan Calathea termasuk yang tidak terlalu cepat, jika tidak bisa disebut lambat. Tergantung pada jenis Calatheanya.

“Calathea ini termasuk tanaman yang tidak terlalu tinggi. Mayoritas tidak berbunga. Hanya beberapa saja, seperti Calathea crocata memiliki bunga berwarna oranye atau Calathea Silver Plate memiliki bunga berwarna putih dan pink,” kata Sodikin, sambil menunjukkan salah satu jenis Calathea yang memiliki bunga.

Pembiakan Calathea dapat dilakukan dengan memisahkan anakan dari rumpun yang sudah bergerombol.

Lihat juga...