Minggu, KPU Gelar PSL di Enam TPS Bekasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada dua kecamatan wilayah setempat.

Enam TPS yang akan melaksanakan PSL, Minggu (21/4/2019) itu, berada di wilayah TPS 116, 166, 117 Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur dan tiga lagi berada di Kecamatan Bekasi Utara yakni TPS 225, 227, dan 242 di Kelurahan Kaliabang.

“PSL dilaksanakan di enam TPS tersebut, karena saat pelaksanaan pencoblosan terdapat surat suara yang tidak sesuai dengan isi kotak. Sehingga saat pencoblosan hanya ada empat kertas suara,” papar Ali Syaifa, Komisioner KPU Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (19/4/2019).

Dia menganggap, PSL bukan suatu kesalahan dari pelaksana melainkan karena suatu kondisi dijumpai di dalam satu kotak suara ternyata isinya tidak sesuai dengan kotak, sehingga terjadi pencoblosan hanya dengan empat kertas suara.

Dikonfirmasi, bahwa rekomendasi Bawaslu Kota Bekasi, merekomendasikan PSL dilaksanakan di sepuluh TPS. Ali mengatakan sudah disepakati enam TPS. Sepuluh TPS tersebut imbuhnya, hanya data awal dan setelah dilaksanakan verifikasi ulang didapat enam TPS yang ditetapkan PSL.

“Kalau dari sisi persentase kecil sekali, hanya ada enam TPS bermasalah dan harus PSL. Jika dibandingkan dengan jumlah 6720 TPS tidak sampai 1 persen,” tandas Ali, mengapresiasi tim yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu.

Kendala yang dihadapi diakuinya, disebabkan pendistribusian logistik yang memang tidak lengkap. Dua pengiriman dari jasa penyedia juga sangat terlambat.

Hal lain Ali mengaku, karena tenaga penyelenggara personelnya terbatas, tetapi harus mengerjakan berbagai jenis pekerjaan yang cukup banyak, sehingga masih dijumpai di beberapa TPS mengalami masalah.

“Diakui banyak logistik seperti C1 plano, salinan formulir, bahkan dijumpai di 6 TPS kekurangan surat suara sehingga tidak bisa dipaksakan lima jenis surat suara saat pelaksanaan,” tukasnya.

Komisioner KPU Kota Bekasi, Ali Mahyail – Foto: Muhammad Amin

Terpisah, Ali Mahyail, Komisioner Bawaslu Kota Bekasi lainnya mengakui, memang akan dilaksanakan PSL di enam TPS di Kota Bekasi.

Ditegaskannya, awalnya memang sepuluh tetapi ada empat TPS yang sudah melaksanakan PSL di hari pencoblosan. Setelah semua logistik terpenuhi.

“Awalnya memang ada sepuluh TPS yang direkomendasikan untuk PSL. Ternyata ada beberapa yang sudah melaksanakan PSL di hari itu juga,” pungkas Ali Mahyail.

Lihat juga...