hut

Nasi Liwet Khas Sunda Disukai di Jabodetabek

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Nasi Liwet, semakin digandrungi berbagai kalangan, bahkan menjadi tren ketika berkumpul bersama keluarga maupun di kantor, terutama di wilayah kota besar, seperti Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya, Nasi Liwet Komplit Kang Dadan. Kudapan leluhur khas Sunda ini, bisa menjadi pilihan kuliner saat bersama keluarga. Nasi Liwet dahulu disajikan khusus untuk makan besar disantap selagi hangat dan ramai-ramai.

“Nasi liwet khas Sunda memiliki cita rasa berbeda dengan nasi liwet daerah lain. Terutama, Liwet khas Jawa,”ujar Dadan Hamdani, Sabtu (13/4/2019)

Dikatakan, Nasi Liwet khas Sund, dalam pembuatannya tidak menggunakan santan, tetapi memakai minyak kelapa dicampur rempah pilihan, dan disajikan bersama aneka lauk untuk menambah cita rasa.

Menu tambahan untuk teman saat menikmati Nasi Liwet Kang Dadan.

Dia mengaku, Nasi Liiwet Komplit Kang Dadan, menggunakan rempah khas Tasik Malaya, seperti serai, daun bawang, bawang merah, daun salam, minyak goreng sebagai bahan baku utama.

Sementara, untuk menjaga kekhasan rasa Nasi Liwet khas Sunda, saat dimasak harus menggunakan panci (kastrol) yang langsung dibakar di atas tungku. Tapi, hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan kompor, asalkan bisa mengatur perapiannya.

“Dulu, di kampung, Nasi Liwet dibuat menggunakan tungku kayu bakar. Tapi, sekarang bisa menggunakan kompor dengan teknik sendiri dalam mengatur perapian. Hal tersebut dimaksud untuk menjaga, agar tidak terlalu gosong dan menjaga cita rasa ,”ujarnya.

Ada pun menu yang cocok untuk nasi liwet khas Sunda, adalah ikan peda, telur dadar, sambal dan lalapan. Aroma khas nasi liwet dan penyajiannya menggunakan daun pisang, digelar di atas meja akan menambah kenikmatan saat menyantap Nasi Liwet Kang Dadan.

Tak heran, jika Nasi Liwet Kang Dadan kian digandrungi di wilayah Jabodetabek. Pesanan datang dari berbagai instansi, baik swasta maupun negeri, seperti kementerian, perusahaan otomotif, keluarga atau pun pesta pernikahan, ulang tahun dan arisan. Bahkan, stasiun televisi kerap mengorder Nasi Liwet Kang Dadan.

Ngeunah, Merenah, Murah (enak, cocok untuk acara apa aja, harga terjangkau)” ungkap Dadan.

Dia mengaku, selama ini hanya menerima orderan dengan sistem paket, mulai dari harga Rp180.000 hingga Rp. 260.000 untuk 9 orang, akan mendapatkan Nasi Liwet Komplit yang disajikan dengan beragam lauk pauk, seperti ayam goreng, telur dadar, tumis peda atau dendeng ikan asin, tempe dan tahu, bakwan jagung, sambal terasi, lalapan dan kerupuk.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!