hut

Nogosari, Kue Basah Berisi Pisang Sederhana

Editor: Mahadeva

Kue Nogosari makanan tradisional manis dan gurih dengan isian pisang - Foto Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Jajan pasar satu ini sering disebut dengan Nogosari. Sebuah kue basah tradisional, yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan tepung kanji, serta buah pisang sebagai isian didalamnya. 

Bertekstur empuk dan memiliki rasa manis, Nogosari, sudah sangat jarang ditemui. Namun di kampung-kampung atau desa-desa sekitar Yogyakarta, Nogosari masih mudah dijumpai.  Selain sebagai camilan, Nogosari juga biasa dibuat sebagai suguhan dalam acara keluarga. Seperti acara seperti pengajian, arisan dan lain sebagainya.

Rahma, pembuat kue Nogosari di Yogyakarta – Foto Jatmika H Kusmargana

Salah seorang warga Yogyakarta, Rahma, menyebut, Nogosari bisa dibuat dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, tepung beras, tepung kanji, santan kelapa, gula pasir, garam halus, daun pandan, pisang sebagai isian serta daun pisang secukupnya.  “Pertama-tama masak santan kelapa dengan api sedang. Lalu masukan gula pasir, garam dan daun pandan, aduk terus sampai semua bahan menyatu. Jaga api jangan sampai terlalu besar, karena akan membuat rebusan santan menjadi pecah,” tuturnya.

Buat adonan dengan mencampurkan tepung beras dan tepung kanji dengan sedikit air. Kemudian aduk hingga rata, setelah itu masukan adonan ke dalam santan yang sudah matang, kemudian aduk sampai rata.  “Masak dengan api kecil sampai adonan tersebut mengental dan kalis, kemudian angkat,” imbuhnya.

Setelah agak kering, bungkus adonan dengan daun pisang yang sudah disiapkan. Jangan lupa taruh potongan pisang yang telah diiris-iris kecil di tengah-tengah adonan.  “Kalau sudah tinggal dikukus hingga matang. Nogosari pun siap dihidangkan,” tandasnya.

Selain memiliki rasa manis, Nogosari juga memiliki rasa gurih yang berasal dari santan kelapa. Aroma pandan juga menjadi ciri khas kue basah nan empuk ini. Apalagi saat kita menggigit potongan pisang dengan rasa manis didalamnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!