hut

Pelaksanaan UNBK SMP di Bekasi Alami Gangguan Server 

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), baik negeri maupun swasta, di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami keterlamabatan waktu pelaksanaan sesi pertama.

Keterlambatan tersebut mengakibatkan UNBK di 49 SMP Negeri, dan 221 SMP swasta dan 5 SMP terbuka di Kota Bekasi, mundur dari jadwal yang ditentukan. UNBK baru bisa dimulai sekira pukul 08.30.WIB, karena ada gangguan server dari pusat.

“Pelaksanaan UNBK di sesi pertama mengalami gangguan server dari pusat, mungkin servernya tidak bisa dibuka, jadi kami baru mulai pukul 08.30 WIB,” kata Kodir, Guru SMP Negeri 30, Jatisari, Kota Bekasi, Senin (22/4/2019) sore.

Di SMP tempatnya mengajar, pelaksanaan UNBK dilakukan dalam tiga sesi, pagi siang dan sore. “SMPN 30, baru aja selesai. Ini saya baru dari lab, melihat langsung,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Ali Fauzie, mengakui adanya keterlambatan. Tetapi, itu bukan teknis dari sekolah di Kota Bekasi, melainkan server pusat, didasari token listrik tak dapat dibuka atau digunakan.

“Keterlambatan itu karena token listrik, menyebabkan sesi pertama ujian yang harusnya dilaksanakan pukul 07.30 WIB menjadi dimulai pada pukul 08.15 WIB,”paparnya.

Ali belum bisa menyebut jumlah detail sekolah yang mengalami keterlambatan. Hanya saja, berdasarkan laporan yang diterimanya, nyaris seluruh SMP di Kota Bekasi mengalami keterlambatan.

“Tokennya tidak bisa dibuka, ya nomornya itu, ya hampir sebagian se-Jawa Barat itu ya, begitu. Karena kan itu aksesnya dari pusat. Jadi, ada beberapa daerah yang terlambat,” kata Ali, Senin (22/4/2019).

Kendati demikian, Ali memastikan pelaksanaan UNBK SMP di Kota Bekasi tidak terganggu, dan tetap berjalan lancar. Dia juga menyebut keterlambatan itu tidak membuat konsentrasi siswa terganggu.

“Walaupun telat, bagi anak haknya dua jam tetap terpenuhi, ya tidak berkurang, hanya yang sesi kedua waktunya agak mundur. Anak-anak juga tidak terganggu konsentrasinya, malah mereka lebih enjoy, ya,” ujar Ali.

Pelaksanaan UNBK Kota Bekasi diikuti 31.455 siswa. UNBK 2019 ini terbagi menjadi tiga sesi. Pertama, dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB, sesi kedua 10.30 hingga 12.30 WIB dan sesi ketiga 14.00 hingga 16.00 WIB.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!