Pemkab Agam Kerahkan Petugas Medis Layani Petugas Pemilu

Ilustrasi -Dok: CDN

LUBUKBASUNG – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, mengerahkan tim medis dari 23 puskesmas untuk melayani pemeriksaan kesehatan petugas Pemilihan Umum (Pemilu) saat bertugas di masa penghitungan suara.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra Ramli, mengatakan tim medis yang dikerahkan itu sebanyak lima sampai 10 orang. “Mereka ini merupakan tim medis dari 23 puskesmas, tersebar di 16 kecamatan,” katanya, Rabu (24/4/2019).

Ia mengatakan, tim medis ini memeriksa seluruh petugas pemilu mulai dari PPS, PPK, Panwas dan lainnya. Bila sakit, tim medis akan memberikan obat dan memberikan vitamin kepada seluruh petugas.

Dari hasil pemeriksaan, tambahnya, petugas itu pada umumnya mengalami kelelahan akibat kurang istirahat. “Pelayanan ini akan kita lakukan sampai rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kabupaten,” tegasnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Riko Antoni, menambahkan, satu petugas PPS di Kecamatan Ampeknagari gugur saat pengepakan surat suara. Sementara puluhan penyelenggara lainnya mengalami kelelahan akibat kurang istirahat.

Namun, pelaksanaan pesta demokrasi di daerah itu berjalan dengan baik dan aman. “Tidak ada permasalahan saat hari pencoblosan sampai rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kecamatan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...