Pemungutan Suara di Telaga Sari-Balikpapan, Sempat Terhenti

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Umum 2019 di Kota Balikpapan, berjalan lancar, kendati pencoblosan di TPS 52 Kelurahan Telaga Sari, sempat terhenti pada pukul 11.30 WITA, akibat surat suara yang tertukar. 

KPU Kota Balikpapan memastikan, pemilu yang sempat terhenti akibat surat suara yang tertukar tetap berjalan sesuai ketentuan. Hal itu disampaikan

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha –Foto: Ferry Cahyanti

“Tidak ada masalah, tetap berjalan, seperti biasa. Kalau ada masalah itu biasa, tapi semua tetap berjalan,” ungkap Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, Rabu (17/4/2019) sore.

Ia menjelaskan, berdasarkan peraturan yang ada, ketika ada surat suara yang tertukar, Petugas KPPS setempat langsung menukar surat suara tersebut. Sehingga pemilihan tetap berjalan sesuai ketentuan dan tidak dihentikan.

“Jadi, petugas KPPS itu mendatangi TPS terdekat, itu sesuai aturan dan pemilihan juga tetap sesuai ketentuan pukul 13.00 WITA tutup,” ujarnya.

Sebelumnya, pemilihan di TPS 52 Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota, terpaksa dihentikan sekitar pukul 11.30 WITA, akibat adanya surat suara yang tertukar. Ada sebanyak 93 surat suara DPRD Kota yang tertukar.

Begitu pun di TPS 42, sebanyak 90 surat suara DPRD Provinsi yang tertukar. Di Kota Balikpapan, ada sekitar 460 ribu pemilih, dengan jumlah TPS sebanyak 1.076. Sedangkan pemilih di Kaltim jumlah pemilih sekitar 2,4 juta dengan jumlah TPS sebanyak 9.800.

Sementara itu, antusias warga Balikpapan melakukan pencoblosan sangat tinggi. Hal itu terbukti di TPS 54, warga rela antre, dan petugas dengan sigap melaksanakan tugasnya.

Sejak pukul 14.00 WITA, penghitungan suara mulai berjalan. Bahkan, beberapa TPS telah selesai penghitungan.

Lihat juga...