hut

Pertamina Tambah Pasokan BBM Satu Harga di Mentawai

Editor: Koko Triarko

MENTAWAI – PT. Pertamina melakukan penambahan jumlah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, masing-masing SPBU sebanyak 100.000 liter Premium dan 32.000 liter Biosolar per bula. Jumlah itu meningkat, jika dibandingkan sebelumnya, untuk masing-masing SPBU yang hanya 50.000 liter per bulan.

Branch Marketing Manager Pertamina MOR I Sumatra Barat – Riau, Aribawa, mengatakan, penambahan pasokan BBM ke Kepulauan Mentawa itu, menyikapi kebutuhan masyarakat akan BBM ke daerah tersebut. Untuk itu Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menambah penyaluran BBM ke wilayah kepulauan satu-satunya di Sumatra Barat itu.

Branch Marketing Manager Pertamina MOR I Sumatra Barat – Riau, Aribawa/ Foto: Ist

“Sebelumnya, penyaluran dilaksanakan dua hingga tiga kali dalam sebulan, sebanyak lebih dari 50.000 liter. Kali ini, Pertamina menambah penyaluran kepada empat SPBU BBM satu harga, masing-masing 100.000 liter Premium dan 32.000 liter Biosolar per bulan. Penambahan itu lebih dari dua kali lipat,” ujarnya, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, dengan adanya penambahan pasokan ke Mentawai, total penyaluran ke SPBU satu harga di Mentawai sekarang mencapai 400.000 liter Premium dan 128.000 liter Biosolar per bulan. Hal ini beranjak pada 2018, masyarakat di wilayah Mentawai telah menikmati hadirnya BBM satu harga.

“Di Mentawai itu ada empat lembaga penyalur BBM satu harga yang beroperasi. Untuk daerahnya itu berada di Sipora Utara (PT Ekindo Putra Andalas), Sipora Selatan (PT Rimata Saibi Jaya), Siberut Utara (PT Ekindo Putra Andalas) dan Siberut Selatan (PT Energi Saibi Jaya),” jelasnya.

Kemudian, katanya, untuk proses pengiriman BBM ke Kabupaten Kepulauan Mentawai menggunakan kapal SPOB (Self Propeller Oil Barge) Sumber Jaya 07.

“Kita gunakan kapal untuk permudah proses pengiriman BBM,” katanya.

Aribawa juga mengatakan, dalam waktu dekat Pertamina akan meningkatkan pelayanan dengan menambah SPBU di Sipora Utara. Pihak Pertamina berharap, dengan bertambahnya satu SPBU di Sipora Utara, akses energi masyarakat makin mudah.

Adanya penambahan pasokan BBM di Mentawai, disambut positif oleh masyarakat setempat. Salah seorang warga Desa Gosainan, Andi mengaku sangat senang adanya BBM satu harga tersebut.

Jika melihat tahun-tahun sebelumnya, khususnya masyarakat di Mentawai harus membeli BBM dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan Mentawai merupakan daerah kepulauan satu-satunya di Sumatra Barat, sehingga harga BBM lebih mahal ketimbang harga BBM di kawasan daratan lainnya di Sumatra Barat.

Kini, dengan adanya kebijakan pemerintah menetapkan harga BBM satu harga, membuat masyarakat di Mentawai selalu membeli BBM di SPBU satu harga. Kondisi ini pun membuat masyarakat sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan BBM sebagai bahan bakar kendaraan dan juga untuk nelayan.

“Dulu, harga Premium bisa sembilan sampai sepuluh ribu rupiah. Sekarang sudah sama, Rp6.450. Sungguh membuat kami terbantu, dan tidak tercekik lagi membeli BBM di Mentawai ini. Kini tidak ada lagi perbedaan antara daerah kepulauan dengan daerah daratan di Sumatra Barat,” sebutnya.

Lihat juga...