Peserta Pemilu di Sumsel Diminta Bersihkan APK

Ilustrasi Petugas Satpol PP menertibkan APK (Foto Ant)

PALEMBANG – Seluruh peserta pemilu di Sumatera Selatan diminta untuk membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang. Pembersihan dilakukan pada masa tenang, mulai Minggu (14/4/2019) hingga 16 April 2019.

Pada masa tenang tidak boleh lagi calon anggota legislatif dan calon presiden/calon wakil presiden melakukan kampanye dalam bentuk apa pun. “Peserta Pemilu 2019 diminta untuk mematuhi aturan tersebut,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan, Iin Irwanto.

Untuk memastikan APK peserta pemilu tidak ada lagi di area publik, pihaknya akan melakukan patroli pada masa tenang di 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Selatan. Jika dalam kegiatan patroli ditemukan APK masih terpasang di area publik, rumah, gedung dan tempat lainnya, akan langsung ditertibkan.

Selain itu, jika dalam patroli ditemukan peserta pemilu atau tim sukses melakukan kampanye, bahkan membagikan barang tertentu dan uang kepada masyarakat untuk mengajak memilih calon tertentu, pelakunya akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum.

Untuk memaksimalkan pengawasan kampanye, dan kemungkinan praktik bagi-bagi uang (politik uang) di masa tenang, Bawaslu Sumatera Selatan mengharapkan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat.

“Kami akan mengunjungi tokoh masyarakat dan agama setempat untuk berpartisipasi mencegah terjadinya politik uang dan mendorong masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani,” pungkas Iin. (Ant)

Lihat juga...