hut

Pesona Ragam Warna Begonia di Taman Buah Mekarsari

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Jika bicara tentang begonia, yang terbayang oleh para pecinta tanaman adalah tanaman hias eksotik dengan bentuk, corak, ukuran dan warna daun yang beragam. Begonia yang merupakan keluarga dari Begoniaceae ini, diperkirakan memiliki 1500 jenis dan tersebar di seluruh dunia.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari Sodikin menyebutkan habitat asli begonia adalah iklim lembab subtropis dan tropis. Awalnya berkembang biarkan di Amerika Selatan dan Tengah, Afrika dan Asia Selatan.

“Begonia ini kadang-kadang terestrial, bisa epifit atau undershrubs. Begonia ini berumah satu, artinya bunga jantan dan betina ada dalam satu tanaman,” kata Sodikin di area Nursery Taman Buah Mekarsari, Senin (29/4/2019).

Bunga jantan biasanya memiliki banyak benang sari, sementara bunga betina memiliki ovarium rendah besar dan dua hingga empat stigma bercabang atau bengkok.

“Bunga begonia ini termasuk bunga majemuk. Biasa muncul di ketiak daun atau di ujung batang. Bunganya seperti payung yang terbuka dengan tangkai bunga sepanjang 5 cm. Warnanya bervariasi antara putih, kuning dan merah muda,” papar Sodikin.

Calon bunga begonia – Foto: Ranny Supusepa

Buah tanaman begonia berongga, bersayap dan bertanduk. Warnanya bervariasi, ada yang putih, merah muda, kuning, oranye, merah hijau dan coklat. Bijinya berbentuk serbuk berwarna coklat.

“Yang sangat khas dari begonia ini adalah daunnya yang beragam dan biasanya tidak asimetris. Ada yang besar melebar, ada yang melengkung keatas. Warnanya ada yang hijau, ada yang bercampur merah, ada yang berstrip silver. Sementara permukaannya ada yang berlilin, lembut, dan ada juga yang kasar penuh dengan kerutan,” urai Sodikin lebih lanjut.

Pertumbuhan tanaman ini biasanya menyemak atau menjalar. Tapi ada juga yang tumbuh vertikal.

“Begonia ini suka dengan suasana hangat. Tidak begitu suka air. Dan jangan terkena sinar matahari secara langsung. Walaupun masa hidupnya hanya sekitar dua tahunan, tanaman ini sangat mudah untuk diperbanyak,” ujar Sodikin.

Secara umum, ada dua tipe begonia yaitu yang tumbuh dari biji dan yang tumbuh dari umbi. Begonia yang tumbuh dari biji, pertumbuhannya relatif sulit. Sementara yang berasal dari umbi, relatif mudah tumbuh.

“Kita bisa menggunakan sistem stek untuk memperbanyak begonia. Caranya sangat gampang jarang sekali gagal, karena begonia termasuk tanaman yang gampang tumbuh. Tapi kalau tidak mau repot, ya tinggal beli saja,” ucap Sodikin.

Di Mekarsari sendiri, menurut Sodikin, memiliki beberapa jenis begonia. Hanya sangat disayangkan, belum ada satupun yang memasuki masa berbunga.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!