PPK Penengahan Mulai Rrekapitulasi Perolehan Suara

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Jumat (19/4/2019), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Lampung Selatan mulai menggelar rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

Anggota PPK Kecamatan Penengahan, Sumedi, menyebut, di hari pertama rekapitulasi, menggunakan metode satu kelompok, karena fokus pada penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden.  Rekapitulasi suara di kecamatan menunggu pengiriman kotak suara dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang baru dikirim Kamis (18/4/2019) malam.

Sumedi, salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan memperlihatkan sejumlah kotak suara dari sejumlah PPS yang belum dibuka dan dihitung – Foto Henk Widi

Rekapitulasi dilakukan berjenjang, dari setiap desa untuk memudahkan penghitungan secara manual. Meski demikian, proses perhitungan juga menggunakan Aplikasi Sistem Perhitungan (Situng) sesuai dengan C1 plano atau rekap dari TPS. ”Petugas PPK menyiapkan aplikasi situng, dan langsung ditampilkan pada proyektor besar. Sedangkan penghitungan manual menggunakan form C1 plano, berupa formulir untuk menuliskan perolehan peserta Pemilu di papan,” terang Sumedi, Sabtu (20/4/2019).

Lihat juga...