hut

Puncak HUT ke-44 TMII, Pengunjung Tembus 78 Ribu Orang

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Masyarakat berbondong-bondong mendatangi Taman Mini Indonesia Indah untuk melihat langsung kemeriahan perayaan HUT ke-44 lembaga penjaga warisan budaya Indonesia tersebut.

Puncak HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Sabtu (20/4/2019), manajemen memberlakukan tiket masuk gratis bagi pengunjung. Adapun untuk wahana rekreasi, membeli satu tiket berlaku untuk dua pengunjung. Kepadatan pengunjung, sudah terlihat sejak di pintu gerbang utama TMII.

Pengunjung juga memenuhi area Plaza Tugu Api Pancasila. Mereka juga menyaksikan gelar budaya di berbagai anjungan. Ada yang menikmati wahana rekreasi dengan menaiki gereta gantung, kereta api mini, SkyWolrd dan wahana lainnya.

Manager Informasi Budaya dan Wisata TMII,Sachur. Foto: Sri Sugiarti.

Pada pukul 14.00 WIB, tercatat ada 78 ribu pengunjung yang mendatangi TMII. Mereka semua masuk secara cuma-cuma di HUT ke-44 TMII, Sabtu (20/4/2019).  “Data yang masuk per jam 14.00 WIB sudah mencapai 78.558 pengunjung. Dan 183 bus, 4.977 mobil dan 13.884 motor,” kata Manager Informasi Budaya dan Wisata, Sachur, kepada Cendana News, Sabtu (20/4/2019).

Jumlah pengunjung terus bertambah hingga sore menjelang malam. Padahal pada pukul 12.00 WIB, tercatat baru ada sekira 58.271 pengunjung. Riuhnya pengunjung tersebut, dikarenakan semua unit di area TMII memberikan program buy 1 get 2. Sehingga jumlah pengunjung terus bertambah.  Saat TMII tidak ada acara, namun di weekend, jumlah pengunjung bisa mencapai 40 ribu orang. Namun menggelar acara, jumlahnya bisa menembus angka 80 ribu pengunjung.

“Puncak HUT TMII ke 45 ini hingga sore ini dipastikan bisa tembus 100 ribu pengunjung. Sedangkan target kami dalam tiga hari perayaan HUT ini adalah 400 ribu. Inshaallah tercapai,” kata Sachur.

Aldi Handoko, warga Gunung Sahari memilih berkunjung ke TMII, saat ia mengetahui tiket masuk pengunjung gratis. “Mumpung gratis ya, saya sengaja datang ke TMII. Saya ngajak istri dan anak, untuk liburan lihat gelaran budaya,” ujarnya.

Aldi datang bersama keluarga, dan berkunjung ke anjungan-anjungan. Salah satunya di Anjungan Sumatera Utara, yang menggelar kesenian khasnya. “Kangen sama kakak saya yang tinggal di Sumut terobati dengan datang ke anjungan ini. Meskipun saya orang Jawa, tapi pas lihat tarian Batak, bagus banget,” tandasnya.

Pengunjung padati area Plaza Tugu Api Pancasila TMII,  Jakarta, Sabtu (20/4//2019). Foto: Sri.Sugiarti.

Fatia Asri, warga Bogor mengaku datang ke TMII karena mengetahui tiket gratis dikabari saudaranya.  Datang ke TMII dengan mobil pribadi. “Lumayan gratis ya, saya bayar tiket mobil. Seru, saya tadi lihat pameran expo nusantara, ada talkshow museum menarik ya, tambah wawasan buat anak saya,” ujarnya.

Fatia berharap TMII terus berkembang dengan inovasi program dalam upaya melestarikan budaya bangsa. “Hormat dan sayang, saya untuk almarhumah Ibu Tien Soeharto, pemakarsa TMII. Semoga TMII jaya dan berkembang. Terkhusus doa saya semoga Ibu Tien Soeharto ditempatkan di surga oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!