Ratusan Personel Amankan Semana Santa di Sikka

Editor: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Kepolisian Resort (Polres) Sikka selama Semana Santa atau Pekan Suci akan menerjunkan 184 personel.

Personel ini akan ditempatkan di rumah-rumah ibadah di kabupaten Sikka guna menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristen dalam menjalankan ibadah.

“Kami dari Polres Sikka akan menerjunkan 184 personel. Selain itu, akan ditambah personel dari TNI seperti Kodim 1603 Sikka dan Lanal Maumere masing-masing sebanyak 30 personel,” sebut Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorang, SIK, Jumat (12/4/2019).

Polres Sikka juga, tambah Rickson, meminta bantuan pengamanan dari pihak gereja yang menjalankan rangkaian pekan suci. Ada juga petugas keamanan dari pemuda Katolik dan remaja masjid yang membantu pengamanan.

Kapolres Sikka AKBP Rickson PM Situmorang, SIK. Foto: Ebed de Rosary

“Jumlah personel pengamanan Semana Santa beda dengan pengamanan Pemilu. Nanti kita akan membuka Posko gabungan di wilayah barat di Polsek Nita serta wilayah tengah di pelabuhan Laurens Say Maumere dan Polres Sikka. Sementara wilayah timur terdapat di Polsek Waigete,” ungkapnya.

Penambahan personel, jelas Rickson, sudah diajukan ke Polda NTT sebanyak 100 personel.

Pihaknya belum mengetahui berapa personel yang akan dikirim karena diprioritaskan untuk pengamanan di Flores Timur dan kota Kupang.

“Kami sudah mengajukan permintaan penambahan personel ke Polda NTT. Berapa jumlah yang diberikan kami masih menunggu dari Polda NTT. Intinya, segala sumber daya dikerahkan untuk pengamanan Pemilu dan Semana Santa,” jelasnya.

Dengan dukungan masyarakat, kata Rickson, keamanan bisa terjamin. Polri dan TNI tidak bisa bekerja sendiri tetapi dengan bantuan masyarakat pasti akan aman. Pemilu dan Semana Santa bisa berjalan bersama tanpa ada tumpang tindih dan keamanan bisa terjamin.

“Situasi saat ini masih aman dan kondusif, petugas keamanan sedang bersiap untuk pengamanan logistik pemilu ke kecamatan dan desa. Rencananya, besok Sabtu (13/4/2019) distribusi logistik pemilu akan dilakukan untuk wilayah kepulauan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Komandan Brimob Detasemen B Maumere, Iptu Markus M. Suban mengatakan, dalam menghadapi pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden serta Semana Santa, kekompakan personel tetap terjaga.

“Saya berharap agar segenap personel TNI dan Polri yang bertugas di lapangan tetap menjaga kekompakan selama menjalankan tugas. Ini penting agar pengamanan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik karena adanya saling kerja sama,” ungkapnya.

Markus menambahkan, personel Brimob selalu siap siaga untuk membantu pengamanan baik Semana Santa maupun Pemilu. Semuanya itu tentu berada di bawah kendali dan koordinasi Kapolres Sikka.

Lihat juga...