hut

Rektor Muda UMP Ini Ternyata Hobi Menulis

Editor: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang baru saja dilantik minggu lalu, Dr. Anjar Nugroho, ternyata memiliki hobi menulis.

Ia bahkan sudah menghasilkan tiga buah buku dan pernah tercatat sebagai penulis terbaik jurnal ilmiah dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) se-Indonesia tahun 2007 untuk kategori tulisan hukum Islam.

Jurnal yang sempat mempublikasikan tulisannya adalah Jurnal Islamadina, Himmah, Tajdida, Asy-Syir’ah, Afkaruna, Tajrih, al-Jami’ah, al-Ma’arij, Humanika, al-Ma’arif, Ushuluddin, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) dan lainnya.

Buku karya Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr. Anjar Nugroho. Foto: Hermiana E. Effendi

Buku yang sudah ditulisnya antara lain berjudul Ali Syari’ati, Revolusi Iran dan Transformasi Politik Indonesia, serta Wacana Islam Progresif.

“Menulis itu sudah menjadi hobi saya sejak lama, termasuk membaca. Sebab, dengan menulis, kita bisa menuangkan pikiran, ide, gagasan serta pengalaman. Memang tidak mudah untuk menghasilkan suatu tulisan yang bagus, menginspirasi banyak orang serta berkualitas. Tetapi dengan terus menulis, maka lambat laun akan bisa menghasilkan karya-karya yang spektakuler,” tuturnya, Kamis (18/4/2019).

Rektor muda kelahiran Demak, 8 Oktober 1975 ini, memang dikenal sebagai sosok yang cerdas, ramah serta gaul. Selain hobi menulis, ia juga suka berorganisasi. Sewaktu masih duduk di bangku SMA, ia aktif di organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Ia menjabat sebagai pimpinan ranting hingga pimpinan pusat di organisasi tersebut.

Masuk bangku kuliah, keaktifannya di organisasi terus berlanjut dengan masuk ke Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Pada organisasi tersebut, Dr. Anjar menjabat sebagai pimpinan komisariat hingga sebagai Dewan Pimpinan Daerah IMM Yogyakarta tahun 1994-1999.

“Kalau saat ini saya menjabat sebagai ketua Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) IMM Banyumas dan Ketua Kwartir Wilayah (Kwarwil) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah,” jelasnya.

Dr. Anjar menyelesaikan Studi S3 di bidang Ilmu Politik Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun 2017. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan formal Sarjana Perbandingan Madzab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selanjutnya ia mengambil program magister dua sekaligus, yakni Hubungan Internasional UMY, Studi Politik dan Pemerintahan dalam Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebelum menjabat sebagai rektor, ia pernah memegang berbagai jabatan. Di antaranya, Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP (2016 – 2019), Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan (2012 – 2016), Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) (2009 – 2013) dan Pembantu Dekan I pada 2001 – 2004.

Setelah menjabat sebagai rektor, di tengah kesibukannya, Dr. Anjar menyatakan, akan tetap berusaha  terus menulis dan menghasilkan karya-karya yang berguna untuk generasi muda.

“Tentu saya akan terus menulis, karena menulis itu sudah menjadi hobi sejak lama,” pungkasnya.

 

 

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!