Ribuan WNI Mencoblos di 26 TPSLN Kota Kinabalu Sabah

Ilustrasi - Dok. CDN

KOTA KINABALU – Ribuan warga negara Indonesia mendatangi tempat pemungutan suara luar negeri di Kota Kinabalu, Negeri Sabah Malaysia.

Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPS LN) didirikan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) setempat. Para Warga Negara Indonesia (WNI), mulai berdatangan ke TPSLN di Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu sejak 08.00 WITA.

Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani, menjelaskan, proses pemungutan suara di wilayah kerjanya berlangsung lancar dan aman. WNI yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk 26 TPSLN di Kota Kinabalu, sebanyak 11.287 orang. 19 TPSLN didirikan di KJRI Kota Kinabalu dan tujuh TPS di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Suasana pemungutan suara di 26 TPS tersebut tampak berjalan sesuai dengan tahapan. “Secara umum, pelaksanaan berjalan sesuai ketentuan,” jelas Krishna Djelani.

Salah seorang WNI yang menyalurkan hak pilihnya di KJRI Kota Kinabalu, Mulia, mengaku sangat bersyukur dapat menggunakan hak pilihnya di pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Mulia bersama suaminya, Baoding, asal Kabupaten Buto, Sulawesi Tenggara menilai, Pemilu 2019 sangat baik, karena melibatkan seluruh WNI di Kota Kinabalu.

Pada pemilu 2014, Mulia tidak menyalurkan hak pilihnya, karena tidak tahu menahu, akibat sosialisasi yang tidak sampai ke tempat kerjanya. “Baru kali pemilu kami bersama suami mencoblos. Pemilu sebelumnya tidak mencoblos karena tidak tahu,” ujarnya usai menyalurkan hak pilihnya di salah TPS di KJRI Kota Kinabalu. (Ant)

Lihat juga...