Rins Juarai GP Amerika, Marquez Tumbang

JAKARTA — Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins menjuarai GP Amerika Serikat dan mematahkan dominasi Marc Marquez (Repsol Honda) di Sirkuit Americas, Austin, Texas, pada Minggu waktu setempat.

Pebalap asal Spanyol itu finis terdepan di balapan sepanjang 20 lap itu dengan selisih 0,462 detik dari Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di runner-up, demikian laman resmi MotoGP pada Senin pagi.

Kemenangan itu adalah yang pertama kali bagi Rins di kelas MotoGP dan yang pertama pula bagi Suzuki sejak GP Inggris 2016. Rins sebelumnya pernah menjuarai GP Amerika Serikat di Austin di kelas Moto2 pada 2015 dan di Moto3 pada 2013.

“Saya tahu Valentino memiliki banyak pengalaman di sini… dan saya super senang, Suzuki pantas menerima kemenangan ini, kami bersama pantas menerimanya,” ungkap Rins dalam sesi jumpa pers paska lomba.

Balapan hari itu menyajikan drama manakala Marquez gagal mencetak rekor tujuh kemenangan berturut-turut di Austin setelah terjatuh di Tikungan 12. Pebalap asal Spanyol itu, yang meraih pole position ketujuh kalinya di Austin mencoba beberapa kali menyalakan motornya dan terjatuh kembali sehingga tidak bisa melanjutkan lomba ketika balapan masih menyisakan 12 putaran.

Sebelumnya Cal Crutchlow, yang mengawali balapan dari P3, juga terjatuh di Tikungan 11 pada lap kelima ketika menempel ketat di belakang Rossi.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales kurang beruntung setelah mendapatkan penalti ride through karena melakukan jump start. Pebalap rookie Suzuki Ecstar Joan Mir juga diganjar hukuman yang sama. Namun demikian Vinales mampu finis P11 sedangkan Mir finis di P17.

Setelah insiden jatuhnya Marquez, Rossi memimpin balapan dengan Rins yang membayangi di belakangnya.

Momen bagi Rins datang di empat lap terakhir ketika dia mampu menyalip Rossi, yang mulai kehilangan traksi dari kombinasi ban medium depan dan medium belakangnya. Rossi sempat mencoba untuk menyalip Rins dari dalam di Tikungan 11 tetapi masih melebar.

Perebutan gelar juara belum berakhir. Di lap terakhir, pebalap berusia 40 tahun asal Italia itu mencoba memberi tekanan tapi Rins keluar di tikungan terakhir dengan sempurna untuk menutup balapan seri ketiga musim ini dengan gaya dan mempersembahkan trofi juara pertama bagi Suzuki.

Rossi pun harus melapangkan dada usai upaya meraih kemenangan pertamanya sejak GP Belanda 2017 pupus ditangan Rins.

“Rasanya campur aduk. Di satu sisi disayangkan karena sudah lama sekali sejak terakhir kali saya juara dan hari ini adalah kesempatan yang bagus,” kata Rossi.

“Tapi di sisi lain saya senang karena ini balapan yang hebat. Saya tampil kuat di akhir pekan dan juga pekan sebelumnya di Argentina. Dua puluh poin ini sangat penting untuk (persaingan) di kejuaraan yang masih terbuka, jadi lebih banyak hal positif dari pada yang negatif.”

Podium ketiga diraih oleh pebalap Pramac Ducati Jack Miller diikuti oleh Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang tampil impresif merebut P4 setelah start dari posisi ke-13.

Dua pebalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo finis P5 dan P7 dipisahkan oleh Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) di P6.

“Morbidelli berada di belakangku dengan selisih lima detik waktu itu, aku coba untuk menjaga jarak. Lalu saya melihat Dovi di depan namun tidak lama dia merosot dengan cepat. Jantung saya mulai berdegup lebih kencang waktu itu,” kata Miller.

Pebalap Australia itu mengemas tambahan 16 poin untuk naik dua peringkat ke peringkat 6.

Pol Espargaro yang cukup konsisten dengan motor KTM-nya selama latihan dan kualifikasi harus puas di P8, diikuti oleh Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) dan Takaaki Nagagami (LCR Honda) yang melengkapi peringkat 10 besar.

Dengan hasil itu, Dovizioso kembali memuncaki klasemen pebalap sementara dengan 54 poin, terpaut tiga angka dari Rossi, yang meraih runner-up balapan untuk kedua kalinya berturut-turut musim ini.

Rins naik ke peringkat tiga klasemen dengan 49 poin, atau unggul 4 poin dari Marquez, yang turun ke peringkat empat. Balapan seri keempat MotoGP 2019 akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 5 Mei nanti. (Ant)

Lihat juga...