Sebanyak 1.329 Personel Polda Jambi Amankan TPS

Personel Polda Jambi yang ditugaskan mengamankan tempat pemungutan suara Pemilu 2019, mengikuti apel pemberangkatan, Minggu (14/4/2019). ( Foto Ant)

JAMBI – Personel Polda Jambi yang ditugaskan mengamankan tempat pemungutan suara Pemilu 2019, mengikuti apel pemberangkatan, Minggu (14/4/2019).

Pengamanan di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda, akan disiagakan di Polres-Polres pada Pemilu 17 April mendatang, di beberapa daerah. “Ke-1.329 personel Polda Jambi tersebut, sebelum diberangkatkan sudah dilatih tata cara pengamanan TPS.  Jika terjadi sesuatu nantinya di lapangan pada pelaksanaan,” kata Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, usai memimpin langsung apel pergeseran pasukan ke TPS, Minggu (14/4/2019).

Kapolda Jambi berharap, seluruh personel yang bertugas di lapangan bisa mengenali wilayah, menjaga etika dan tatakrama, sehingga polisi bisa diterima di masyarakat. Jika anggota sudah mengenal seluruh tokoh masyarakat dan petugas, ketika timbul masalah akan dengan mudah ditangani bersama.

Selain personel yang diberangkatkan ke daerah, juga ada personel yang siaga di Polda Jambi, jumlahnya 323 orang. Sehingga total personel kepolisian daerah Jambi yang ditugaskan untuk mengamankan Pemilu 2019, ada 1.652 personel. Selain personel juga ada perwira pengendali, termasuk para pejabat utama Polda Jambi yang akan diberangkatkan ke daerah atau kabupaten di Provinsi Jambi.

Jumlah TPS di Provinsi Jambi ada 11.311 dan untuk pengamanan satu orang polisi bisa mengawasi empat hingga enam TPS yang ada di wilayahnya masing-masing. Patroli menjelang pemilu kini rutin dilakukan menjelang tanggal 17 April nanti dan kegiatan patroli hari ini memantau keamanan Kantor KPU Kota Jambi, Bawaslu dan Instansi Pemerintahan serta objek vital lainnya.

Sejauh ini Provinsi Jambi termasuk ke dalam 16 provinsi yang rawan konflik Pemilu sesuai dengan anarkis dari Bawaslu dan menanggapi hal tersebut Polda Jambi membeberkan hingga saat ini Provinsi Jambi masih aman, namun tidak menapikan jika potensi konflik tersebut ada.

Sementara itu data dari laman atau website KPU Provinsi Jambi tercatat jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT) di Provinsi Jambi sebanyak 2.410.660 yang tersebar diseluruh kabupaten dan kota. Kapolda,Jambi,Irjen Pol Muchlis AS saat melepas keberangkatan 1.329 personel kepolisian yang akan bertugas melakukan pengamanan TPS di Provinsi Jambi.

Lihat juga...