hut

Sejumlah TPS di Palu Kekurangan Surat Suara

Ilustrasi -Dok: CDN

PALU – Sejumlah Tempat Pemungutan Suara di lokasi pengungsian korban gempa dan likuefaksi Kelurahan Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengalami kekurangan surat suara saat pemungutan suara, Rabu (17/4).

Ketua Panitia Pemungutan Suara Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Risna, membenarkan kejadian itu. Pemilih yang tidak kebagian surat suara mereka yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Khusus atau pemilih menggunakan KTP-el.

“Surat suara yang didistribusikan KPU sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap masing-masing kelurahan, itu pun sudah dilebihkan,” ungkap Risna, tanpa merinci berapa total surat suara kurang, Rabu (17/4/2019).

TPS 27 Petobo, misalnya, ratusan pemilih yang menggunakan KTP-el terpaksa tidak terlayani, karena surat suara habis. Dia mengaku, pihaknya melalui KPPS telah mengajukan penambahan surat suara kepada KPU Kota Palu, guna mengakomodir pemilih yang belum menyalurkan aspirasinya di bilik suara.

Hingga pukul 14.00 WITA, katanya, proses pemungutan suara di sejumlah TPS kelurahan itu dinyatakan selesai.

“Selesai dan tidaknya proses pemungutan sura kami sudah akhiri, karena waktunya sudah sangat molor dari waktu yang ditetapkan KPU,” tambahnya.

Lurah Petobo, Alfin H Ladjuni, mengatakan, proses pemungutan suara di 27 TPS di kelurahan itu berlangsung aman, hanya saja kendala dihadapi KPPS banyak TPS kekurangan surat suara.

“Ini masalah teknis di tingkat penyelenggara, saya hanya sekadar memantau peroses pemungutan suara,” ujarnya.

Hingga petang ini, proses penghitungan suara di TPS sedang berlangsung hingga selesai. (Ant)

Lihat juga...