Seluruh APK di Jakarta Mulai Dibersihkan Minggu Dinihari

202
Petugas dari Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu 2019, Minggu (14/4/2019) dinihari  (Foto Ant)

JAKARTA – Seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta mulai dibersihkan pada Minggu (14/4/2019) dinihari.

“Mulai dibersihkan Minggu, sejak tengah malam sekitar pukul 00.05 WIB,” kata Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri, Minggu (14/4/2019) dinihari.

Jufri mengatakan, pembersihan tersebut dalam rangka menghadapi masa tenang kampanye yang sesuai dengan amanat UU No.7/2017, Tentang Penyelenggaraan Pemilu. “Untuk Jakarta sendiri dilakukan di semua wilayah dengan titik awal adalah di Bundaran HI dan menyebar ke semua wilayah,” ucap Jufri.

Pembersihan APK tersebut ditargetkan bisa selesai pada Minggu dinihari dan difokuskan di seluruh jalan protokol di Jakarta. Kasatpol PP Kecamatan Tebet, Komarudin, mengatakan, pihaknya menargetkan APK di jalan-jalan protokol di Kecamatan Tebet bisa rampung maksimal hingga hari Minggu malam. APK yang ditertibkan akan diserahkan ke posko Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kecamatan.

Pembersihan di jalan protokol, Kecamatan Tebet menurunkan 75 personel Satpol PP, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air dan Sudinhub. Tim dilengkapi dengan tujuh unit truk pengangkut. “Dibagi menjadi dua tim, ada yang menyisir jalur protokol Tebet Raya dan yang menyisir batas luar Kecamatan. Pagi ini kami targetkan hingga waktu subuh. Baru nanti dilanjutkan jam 11 siang,” jelas Komarudin.

Tim dari kecamatan terfsebut, tidak termasuk tim yang dibentuk tujuh Kelurahan yang ada di Kecamatan Tebet. Tim dari kelurahan bertugas membersihkan APK di jalan-jalan lingkungan. “Untuk jalan protokol kami targetkan Minggu selesai. Dan untuk seluruhnya kami harap bisa selesai Senin, termasuk penyisiran di jalan-jalan lingkungan di tingkat kelurahan,” tambah Komarudin.

Masa kampanye Pilpres dan Pileg 2019 telah berakhir pada 13 April 2019. Masa tenang dimulai 14 April 2019, hingga waktu pemungutan suara.

Lihat juga...